Pembekalan UMKM Lokal Melalui Pelatihan Pijar Mahir x TikTok

Minggu, 28 Januari 2024 – 22:10 WIB
Pembekalan UMKM Lokal Melalui Pelatihan Pijar Mahir x TikTok - JPNN.com Jabar
Kerja sama Pijar Mahir dan TimTok melahirkan program 'Jalin Nusantara'. Foto: sources for jpnn

jabar.jpnn.com, BANDUNG - PT Telkom Indonesia melalui Leap Telkom Digital, Pijar Mahir menyelenggarakan pelatihan dan pemberdayaan UMKM lokal dalam menggunakan TikTok sebagai sarana promosi bisnis. 

Kerja sama ini mempertajam keberadaan platform Pijar Mahir dalam menyediakan solusi pembekalan UMKM berupa pelatihan berkualitas yang disesuaikan kebutuhan UMKM dalam memasuki ekosistem digital. 

Pijar Mahir memahami pentingnya selalu menjaga dan meningkatkan kualitas pelatihan yang diberikan, sehingga dijalin kerja sama dengan berbagai pihak yang relevan di bidangnya. 

“Kerja sama dengan TikTok menjadi langkah strategis Telkom untuk membantu UMKM semakin go digital dan meraih pasar mancanegara,” kata Head of Digital Vertical Ecosystem Education Telkom Sri Safitri dalam keterangannya, Minggu (28/1). 

Sepanjang tahun 2023, UMKM sebagai penggerak ekonomi bangsa berkontribusi lebih dari 61 persen terhadap produk domestik bruto (PDB) Indonesia, serta menyerap sekitar 97 persen tenaga kerja lokal.

Pemerintah sendiri menargetkan 30 juta UMKM mampu go digital hingga akhir tahun 2024 agar peluang pasar yang diraih UMKM semakin luas, guna memberikan kontribusi lebih besar bagi perekonomian nasional.

Namun faktanya, saat ini masih banyak UMKM yang terkendala dalam memanfaatkan platform digital.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menyebutkan, pada tahun 2022 terdapat 68 persen dari total 64 juta UMKM di Indonesia yang belum masuk ekosistem digital.

Pijar Mahir menggandeng TikTok menggelar pelatihan bagi UMKM untuk memanfaatkan media sosial dalam memasarkan produknya.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News