Puluhan Korban Tanah Longsor di Sukabumi Mulai Terserang Penyakit

Jumat, 26 Januari 2024 – 11:30 WIB
Puluhan Korban Tanah Longsor di Sukabumi Mulai Terserang Penyakit - JPNN.com Jabar
Tim kesehatan PMI Kabupaten Sukabumi saat memeriksa kesehatan sejumlah penyintas bencana tanah longsor di Kampung Cibatuhilir, RT 01/11, Desa Sekarwangi, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Jabar yang tengah mengungsi di tenda pengungsian pada Kamis (25/1/2024). ANTARA/Aditya Rohman

jabar.jpnn.com, SUKABUMI - Tim kesehatan Palang Merah Indonesia (PMI) bersama Dinas Kesehatan Kabupaten Sukabumi menyebutkan puluhan korban bencana tanah longsor di Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat mulai terserang penyakit.

"Ada 27 penyintas bencana tanah longsor di Kampung Cibatuhilir, RT 01/11, Desa Sekarwangi yang mendiami tenda pengungsian mulai terserang sakit," kata Ketua PMI Kabupaten Sukabumi, Hondo Suwito.

Menurut Hondo, dari hasil pemeriksaan kesehatan 27 penyintas tersebut mengalami hipertensi atau tekanan darah tinggi, maag dan Myalgia atau nyeri otot yang dikarenakan mereka stres setelah tertimpa bencana tanah longsor pada Rabu (24/1) dan kehilangan tempat tinggal ditambah harus mengungsi di tenda pengungsian.

Untuk penyintas yang terserang penyakit tersebut pihaknya sudah memberikan obat serta vitamin untuk meringankan sakit yang dialaminya tersebut.

Pemeriksaan kesehatan secara gratis ini merupakan bentuk kepedulian PMI yang bekerja sama dengan Dinkes Kabupaten Sukabumi.

Selain melakukan pemeriksaan kesehatan, pihaknya bersama Dinkes membuka posko kesehatan yang bisa dimanfaatkan oleh siapapun seperti warga sekitar, petugas penanggulangan bencana atau relawan dan khususnya penyintas yang tinggal di tenda pengungsian.

"Siapa pun yang membutuhkan layanan kesehatan bisa mendatangi posko kesehatan yang berada di sekitar tenda pengungsian. Di posko tersebut kami menyediakan berbagai obat dan vitamin," tambahnya.

Hondo mengatakan layanan kesehatan yang dilakukan lembaga kemanusiaan terbesar di Indonesia ini tidak hanya di posko kesehatan maupun tenda pengungsian saja, tetapi pihaknya telah menginstruksikan kepada tim kesehatan PMI untuk melakukan penyisiran ke sejumlah lokasi yang menjadi tempat mengungsi penyintas.

Puluhan korban bencana tanah longsor di Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat mulai terserang penyakit.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News