Tri Rismaharini Minta Tenda Tambahan Untuk Korban Longsor Sukabumi

Jumat, 26 Januari 2024 – 07:00 WIB
Tri Rismaharini Minta Tenda Tambahan Untuk Korban Longsor Sukabumi - JPNN.com Jabar
Menteri Sosial Tri Rismaharini saat berkoordinasi dengan unsur Forkopimda Kabupaten Sukabumi usai meninjau lokasi bencana tanah longsor di Kampung Cibatuhilir, RT 01/11, Desa Sekarwangi, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Jabar, Kamis (25/1/2024). ANTARA/Aditya Rohman

jabar.jpnn.com, SUKABUMI - Menteri Sosial (Mensos) RI, Tri Rismaharini meminta kepada jajarannya untuk menambah tenda pengungsian bagi warga korban bencana tanah longsor di Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi.

"Saya meninjau langsung ke lokasi bencana dan tenda pengungsian yang digunakan oleh penyintas bencana tanah longsor di Kampung Cibatuhilir, Desa Sekarwangi. Tenda harus ditambah karena terdapat pengungsi yang sakit, sehingga jika disatukan khawatir akan semakin banyak pengungsi yang tertular," katanya seusai meninjau lokasi bencana tanah longsor di Sukabumi, Kamis (25/1).

Menurut Risma tenda pengungsian untuk warga yang sakit harus dipisahkan termasuk tenda untuk anak-anak atau jangan dicampur. Maka dari itu, ia meminta kepada jajarannya dan Pemkab Sukabumi untuk menambah tenda pengungsian.

Penambahan tenda ini juga untuk membuat nyaman para pengungsi sehingga mereka tidak cepat stres serta tidak mudah terserang berbagai penyakit. Ia pun meminta agar tenda yang didirikan dibuat selayak dan senyaman mungkin.

"Tenda harus ditambah, karena kalau dicampur pengungsi yang sakit tidak bisa istirahat dan yang paling dikhawatirkan terjadi penyebaran penyakit apalagi di sini banyak anak-anak dan ada lansia. Jika kondisinya dicampur seperti ini pengungsi akan cepat stres dan mudah terserang penyakit," ujarnya.

Risma mengatakan pihaknya sudah berkoordinasi dengan Pemkab Sukabumi dan instansi terkait lainnya perihal penanganan jangka panjang bagi warga yang terdampak bencana tanah longsor, salah satunya mengenai hunian tetap.

Penanganan bencana tanah longsor di Kampung Cibatuhilir harus dilakukan jangka panjang, agar sebelum para penyintas yang rumahnya hancur terdampak bencana tanah longsor mendapatkan bantuan hunian tetap, mereka tetap bisa istirahat dengan nyaman di pengungsian.

Sebelumnya, sebanyak 12 rumah di Kampung Cibantuhilir, RT 01/11 tertimbun tanah longsor pada Rabu (24/1) pukul 06.30 WIB.

Mensos Tri Rismaharini meminta jajarannya untuk menambah tenda pengungsian bagi warga korban bencana tanah longsor di Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News