Tiga Bulan Beroperasi, KCIC Layani 1,3 Juta Penumpang Kereta Cepat Whoosh

Rabu, 17 Januari 2024 – 20:30 WIB
Tiga Bulan Beroperasi, KCIC Layani 1,3 Juta Penumpang Kereta Cepat Whoosh - JPNN.com Jabar
Penumpang kereta cepat Whoosh. Foto: Nur Fidhiah Shabrina/jpnn.com

jabar.jpnn.com, KABUPATEN BANDUNG - Kereta cepat Jakarta Bandung (KCJB) atau yang diberi nama Whoosh, sudah resmi beroperasi hampir tiga bulan.

Sejak diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada Oktober 2023, KCJB sudah mengangkut 1,3 juta penumpang atau 15 ribu orang setiap harinya.

“Sampai dengan tanggal di bulan pertengahan Januari ini sudah sekitar 1,3 juta penumpang,” kata Manager Corporate Communication PT KCIC Emir Monti ditemui di Depo Tegalluar, Kabupaten Bandung, Rabu (17/1).

Pada tahun 2024, Emir mengungkapkan, KCIC menargetkan sebanyak 31 ribu penumpang per hari bisa dilayani oleh kereta cepat Whoosh.

Target itu berdasarkan proyeksi kajian dengan Pusat Pengujian, Pengukuran, Pelatihan, Observasi, dan Layanan Rekayasa Universitas Indonesia (Polar UI).

“Bahwa potensi penumpang kereta cepat yang dapat dialihkan dari jalan raya itu sekitar 11 persen yaitu sebanyak 31 ribu penumpang per hari dan dapat diakomodir melalui jumlah perjalanan sebanyak 68 perjalanan,” jelasnya.

Kata Emir, saat ini KCIC terus berupaya untuk menambah jumlah perjalanan kereta cepat dengan meningkatkan sejumlah pelayanan, fasilitas di stasiun, maupun menghadirkan promo-promo yang menarik bagi penumpang.

“Saat ini memang perjalanan kami kan masih terbatas di 40 perjalanan per hari dengan volume masih di sekitar 15-17 ribu per hari. Sehingga secara bertahap kami akan terus naikkan baik jumlah perjalanannya, okupansinya, dengan berbagai peningkatan pelayanan,” tuturnya.

PT KCIC menargetkan 31 ribu penumpang per hari bakal dilayani kereta cepat Whoosh di tahun 2024.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News