Seluruh Tanggul Jebol Penyebab Banjir Braga Sudah Diperbaiki

Selasa, 16 Januari 2024 – 17:00 WIB
Seluruh Tanggul Jebol Penyebab Banjir Braga Sudah Diperbaiki - JPNN.com Jabar
Salah satu rumah warga yang mengalami rusak berat di Kampung Braga, Bandung, akibat meluapnya Sungai Cikapundung, Jumat (12/1). Foto: Nur Fidhiah Shabrina/jpnn.com

jabar.jpnn.com, KOTA BANDUNG - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung sudah merampungkan perbaikan tanggul yang jebol penyebab banjir bandang di Kampung Braga, beberapa waktu lalu.

Tanggul yang jebol dikarenakan luapan air Sungai Cikapundung itu kemudian membanjiri ratusan rumah di kawasan tersebut.

Penjabat (Pj) Wali Kota Bandung Bambang Tirtoyuliono mengatakan, perbaikan sudah diperbaiki sejak awal banjir di Braga terjadi.

Dari total lima titik di sekitar tanggul yang hancur, sudah semuanya diperbaiki dan tertutup kembali.

“Nah, pas 12 Desember ini ada lima titik, tiganya dibereskan hari itu. Nah, yang dua titik ini memang sengaja kami agak sedikit tunda perbaikannya untuk memudahkan membersihkan beberapa kotoran-kotoran pascabanjir,” kata Bambang di Bandung, Selasa (16/1). 

Dengan demikian, Bambang memastikan seluruh tanggul yang jebol sudah beres dan diharapkan tidak ada lagi luapan air yang merusaknya.

Menurutnya, kejadian di Braga pada pekan lalu itu memang sulit diantisipasi karena Kota Bandung berada di kawasan cekungan. Sehingga air dari ketinggian di Bandung Utara berkumpul di titik perkotaan.

“Jadi, mau tidak mau sumber air permukaan itu sangat bergantung kepada kondisi ketinggian. Kira-kira begitu ya,” tuturnya. (mcr27/jpnn)

Pemkot Bandung sudah merampungkan perbaikan tanggul yang jebol penyebab banjir bandang di Kampung Braga, beberapa waktu lalu.

Redaktur : Ridwan Abdul Malik
Reporter : Nur Fidhiah Sabrina

Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News