Bandung Darurat Bencana, Pemkot Segera Bentuk BPBD

Jumat, 12 Januari 2024 – 14:00 WIB
Bandung Darurat Bencana, Pemkot Segera Bentuk BPBD - JPNN.com Jabar
Warga bahu membahu membersihkan lumpur pascabanjir yang menerjang Gang Apandi, Kelurahan Braga, Kecamatan Sumur Bandung, Kota Bandung pada Jumat (12/1). Foto: Nur Fidhiah Shabrina/jpnn

jabar.jpnn.com, KOTA BANDUNG - Pemerintah Kota (Pemkot) tampaknya serius  akan wacana pembentukan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

Hal ini dilakukan seusai jebolnya tanggul yang menyebabkan permukiman padat penduduk di Gang Apandi, Braga, diterjang banjir pada Kamis (11/1) malam.

Penjabat (Pj) Wali Kota Bandung Bambang Tirtoyuliono mengatakan, pihaknya segera membahas pembentukan BPBD untuk wilayah Kota Bandung.

Adapun selama ini, penanganan bencana di Kota Bandung masih mengandalkan BPBD milik Provinsi Jawa Barat.

Dengan adanya BPBD kota, maka penanganan bencana bisa lebih efektif.

“Iya, jadi ini sebetulnya gagasan untuk dibentuk BPBD di Kota Bandung itu dari tiga tahun lalu. Kami sudah dapat dukungan dari aspek teknis kajian iliahnya sudah mendukung, tinggal nanti mungkin dalam waktu tidak terlalu lama, kami akan bahas lagi di internal eksekutif ya,” kata Bambang ditemui seusai meninjau banjir, Jumat (12/1).

Menurut Bambang, dukungan dari pihak legislatif juga sudah ada. Maka dari itu, ia optimistis Kota Bandung akan segera memiliki BPBD sendiri.

“Dukungan dari legislatif juga sudah ada. Mohon dukungan juga nih dari teman-teman semua. Mudah-mudahan BPBD Kota Bandung ini segera bisa dibentuk,” ucapnya.

Pemkot Bandung segera bahas pembentukan BPBD Kota Bandung bersama internal pasca terjadinya banjir bandang di Braga, Kota Bandung.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News