Warga Minta Pemda Bandung Barat Segera Aktifkan Layanan Internet Gratis

Jumat, 12 Januari 2024 – 12:52 WIB
Warga Minta Pemda Bandung Barat Segera Aktifkan Layanan Internet Gratis - JPNN.com Jabar
Ilustrasi menggunakan internet gratis melalui perangkat Android. Foto : Ricardo/JPNN.com

jabar.jpnn.com, BANDUNG BARAT - Bagi sebagian masyarakat jaringan internet merupakan kebutuhan pokok untuk menunjang aktivitas hampir di semua sektor. Pelayanan publik seperti pendidikan, kesehatan, ruang publik hingga perputaran ekonomi masyarakat tak lepas dengan internet.

Layanan jaringan internet gratis yang bisa dinikmati mayarakat menjadi bagian penting yang musti difasilitasi oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Bandung Barat (KBB) untuk mewujudkan wacana Smart City.

Seperti diketahui, Pemkab Bandung Barat baru saja meresmikan Alun-alun Cililin sebagai ruang publik baru masyarakat wilayah selatan. Peresmian alun-alun Cililin itu menyusul atas diresmikannya pula pembangunan alun-alun Lembang yang diperuntukkan sebagai ruang publik di wilayah utara Bandung Barat.

"Saya rasa ruang publik seperti alun-alun dan sejumlah ruang perpustakaan desa sudah selesai dibangun. Namun, bangunan infrastruktur itu hanya akan menjadi ruang yang mati jika masyarakatnya susah sinyal," ujar Pengelola Perpustakaan Desa Padalarang, Andri Prayoga dalam keterangan tertulisnya kepada JPNN.com, dikutip Jumat (12/1).

Layanan jaringan internet gratis melalui WiFi Publik yang sudah berjalan tahun lalu, dinilai sangat membantu banyak hal khususnya pada kegiatan-kegiatan literasi yang tidak terjangkau di ruang perpustakaan atau luar jaringan (luring).

"Yang kami rasakan, kehadiran wifi publik bisa mendorong perpustakaan menjadi lebih hidup. Sebab, pengunjung perpus bukan hanya ingin membaca buku yang ada di rak, tapi juga ingin mencari referensi lain seperti jurnal ilmiah, buku pdf yang tidak semua tersedia di rak buku perpus," kata Andri.

WiFi Publik yang sebelumnya bisa dinikmati di Perpustakaan Desa Padalarang kini sudah tidak aktif lagi, semenjak matinya internet itu pula kunjungan ke perpustakaan berkurang drastis.

"Kunjungan menurun drastis semenjak WiFi Publik mati. Biasanya pengunjung ke sini untuk mengerjakan tugas kampus, bikin jurnal, ada juga yang para pekerja freelance. Jadi memang banyak manfaatnya," kata Yoga.

Layanan jaringan internet gratis yang bisa dinikmati mayarakat menjadi bagian penting dan musti difasilitasi oleh Pemerintah Daerah Bandung Barat.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News