Sungai Cibeet dan Citarum Meluap, 58 Hektare Sawah di Kabupaten Karawang Terendam Banjir

Minggu, 07 Januari 2024 – 07:00 WIB
Sungai Cibeet dan Citarum Meluap, 58 Hektare Sawah di Kabupaten Karawang Terendam Banjir - JPNN.com Jabar
Sawah terendam banjir. Foto: ANTARA/Ali Khumaini

jabar.jpnn.com, KARAWANG - Puluhan hektare areal persawahan yang tersebar di sejumlah kecamatan sekitar Kabupaten Karawang terendam banjir akibat luapan sungai Cibeet dan Citarum.

"Untuk sementara ini, ada 58 hektare sawah yang terendam banjir," kata Kabid Perkebunan dan Perlindungan Tanaman Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Karawang, Dadan Danny.

Ia mengatakan seluas 58 hektare sawah yang terendam banjir itu tersebar di tiga kecamatan. Di antaranya di Kecamatan Ciampel, Telukjambe Timur dan Kecamatan Telukjambe Barat.

Di wilayah Telukjambe Barat, areal sawah yang terendam seluas 46 hektare, di Telukjambe Timur terdapat 9 hektare dan 3 hektare sawah yang terendam di wilayah Kecamatan Ciampel.

"Jadi dari tiga kecamatan itu, ada 58 hektare sawah yang terendam banjir," katanya.

Disebutkan bahwa sesuai dengan laporan petugas di lapangan, ketinggian air yang merendam areal persawahan itu mencapai sekitar 50-70 centimeter.

Untuk usia tanaman padi yang terendam itu variatif. Namun, ada sebagian tanaman padi yang sudah mau panen atau berusia sekitar 90 hari. Selain itu ada juga yang baru 45 hari tanam.

Ia mengatakan biasanya tanaman padi yang berusia lebih dari tiga hari, kemungkinan besar akan puso atau mengalami gagal panen.

Sebanyak 58 hektare sawah di Kabupaten Karawang terendam banjir, gegara luapa Sungai Cibeet dan Citarum.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News