Jelang Pergantian Tahun, Dalam Sehari Sumedang Diguncang Gempa Bumi 3 Kali

Minggu, 31 Desember 2023 – 23:10 WIB
Jelang Pergantian Tahun, Dalam Sehari Sumedang Diguncang Gempa Bumi 3 Kali - JPNN.com Jabar
Ilustrasi gempa. Grafis: Sultan Amanda Syahidatullah/JPNN.com

jabar.jpnn.com, SUMEDANG - Gempa bumi kembali mengguncang wilayah Kabupaten Sumedang dan sekitarnya pada Minggu (31/12). Gempa berkekuatan M 4,8 ini menjadi yang ketiga kalinya di hari yang sama. 

Berdasarkan data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) gempa terjadi pada pukul 20.43 WIB di dengan titik episenter 6.85 LS dan 107.87BT (5 km Barat Laut) dengan kedalaman 10 kilometer (km). 

Adapun sebelumnya, gempa pertama yang mengguncang Sumedang terjadi pada pukul 14.35 WIB. 

Hasil analisa BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi ini berkekuatan 4,1 SR. 

Episenter terletak pada koordinat 6.85 LS dan 107.93 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 1 km Timur Laut Kabupaten Sumedang, Jawa Barat pada kedalaman 7 km.  

Tak berselang lama pada pukul 15:38:10 WIB, gempa susulan kembali terjadi pada koordinat 6.84 LS dan 107.94 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 3 km Timur Laut pada kedalaman 6 km. 

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa dangkal akibat aktivitas sesar aktif daerah setempat. 

Dampak gempa bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempa ini dirasakan di wilayah Sumedang dengan Skala Intensitas III MMI. (mcr27/jpnn)

Gempa bumi mengguncang wilayah Kabupaten Sumedang dan sekitarnya. Gempa ini menjadi yang ketiga kalinya di hari ini.

Redaktur : Yogi Faisal
Reporter : Nur Fidhiah Sabrina

Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News