Gempa Tektonik 4,1 SR Guncang Sumedang dan Sekitarnya, Getarannya Terasa Hingga Pusat Kota Bandung

Minggu, 31 Desember 2023 – 16:05 WIB
Gempa Tektonik 4,1 SR Guncang Sumedang dan Sekitarnya, Getarannya Terasa Hingga Pusat Kota Bandung - JPNN.com Jabar
Ilustrasi gempa bumi. Ilustrasi Foto: Sultan Amanda Syahidatullah/JPNN.com

jabar.jpnn.com, SUMEDANG - Gempa bumi dengan kekuatan 4,1 SR mengguncang wilayah Kabupaten Sumedang, Jawa Barat pada Minggu (31/12) pukul 14.35 WIB. 

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat episenter guncangan terletak pada koordinat 6.85 LS dan 107.93 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 1 km Timur Laut Kabupaten Sumedang, Jawa Barat pada kedalaman 7 km.  

Kepala BMKG Wilayah II Tangerang Hartanto mengatakan dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa dangkal. 

"Gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar aktif daerah setempat," kata Hartanto dalam keterangannya. 

Adapun getaran gempa bumi berkekuatan sedang itu juga terasa ke beberapa wilayah di Sumedang dan sekitarnya, termasuk Kota Bandung. 

Di Bandung, getaran gempa terasa kecil, bahkan nyaris tak terasa bagi masyarakat yang sedang beraktivitas. 

"Di Cileunyi, Rancaekek, Lembang, Cicalengka, Jatinangor, dan Subang, getaran gempa terasa dengan skala intensitas II - III MMI atau getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang," jelasnya. 

BMKG menyatakan, sampai dengan pukul 14.53 WIB, hasil monitoring belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan. 

Gempa bumi dengan kekuatan 4,1 SR mengguncang wilayah Kabupaten Sumedang, Jawa Barat pada Minggu (31/12) pukul 14.35 WIB. 
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News