Angka Kemiskinan Kota Depok Terendah Keempat Se-Indonesia

Jumat, 22 Desember 2023 – 16:00 WIB
Angka Kemiskinan Kota Depok Terendah Keempat Se-Indonesia - JPNN.com Jabar
Ilustrasi kemiskinan: Ricardo/JPNN.com

jabar.jpnn.com, DEPOK - Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono sebut Kota Depok berada diurutan keempat secara nasional sebagai daerah dengan angka kemiskinan terendah pada tahun 2023.

"Tahun ini angka kemiskinan Kota Depok 2,38 persen. Kota Depok menempati peringkat keempat secara nasional daerah tingkat kemiskinan terendah,” ucap pria yang akrab disapa IBH.

Untuk diketahui, posisi pertama kota dengan tingkat kemiskinan terendah di Indonesia jatuh pada Kota Sawahlunto dengan 2,27 persen, kedua Kabupaten Bandung, dan ketiga Kota Balikpapan.

"Penduduk miskin dihitung dari Susenas, yakni penduduk yang memiliki rata-rata pengeluaran per kapita per bulan di bawah garis kemiskinan," terangnya.

Dia mengatakan masalah kemiskinan merupakan salah satu persoalan mendasar yang menjadi pusat perhatian pemerintah.

Salah satu aspek penting untuk mendukung strategi penanggulangan kemiskinan, yakni tersedianya data kemiskinan yang akurat.

"Pengukuran kemiskinan yang dapat dipercaya dapat menjadi instrumen tangguh bagi pengambil kebijakan dalam memfokuskan perhatian pada kondisi hidup orang miskin," ujarnya.

IBH menjelaskan data kemiskinan yang baik dapat digunakan untuk mengevaluasi kebijakan pemerintah terhadap kemiskinan, membandingkan kemiskinan antar waktu dan daerah, serta menentukan target penduduk miskin dengan tujuan untuk memperbaiki kondisi mereka.

Kota Depok berada diurutan keempat secara nasional sebagai daerah dengan angka kemiskinan terendah pada tahun 2023.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News