Nataru 2024, Ditlantas Polda Jabar ‘Pelototi’ Kelaikan Bus Pariwisata

Kamis, 21 Desember 2023 – 19:00 WIB
Nataru 2024, Ditlantas Polda Jabar ‘Pelototi’ Kelaikan Bus Pariwisata - JPNN.com Jabar
Direktur Direktorat Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Jabar Kombes Pol Wibowo. Foto: Nur Fidhiah Shabrina/JPNN.com

jabar.jpnn.com, KOTA BANDUNG - Polisi bakal memantau kendaraan operasional khususnya bus pariwisata di ruas jalan arteri ataupun tol yang menuju objek wisata yang ada di Jawa Barat, selama momen libur Natal dan Tahun Baru 2023.

“Khusus seperti yang terjadi di jalur wisata, Jabar ini kan wisata gunung ya. Kami sudah tempatkan beberapa personel untuk memantau khusus kendaraan yang memang tidak layak jalan,” kata Dirlantas Polda Jabar Kombes Pol Wibowo di Bandung, Kamis (21/12).

Wibowo menerangkan, ada sejumlah ciri kendaraan umum yang tak layak beroperasi yakni terlihat dari gas hingga knalpot yang mengeluarkan asap hitam.

Dipastikan, kendaraan seperti itu, kata dia, akan langsung diberhentikan oleh petugas dan dicek KIR-nya sebagai langkah pencegahan.

“Kita lihat saja dari sistem mekanik yang ada, begitu naik kadang gas ini seperti ngempos kan terdengar di telinga. Kemudian, ditandai dengan asap hitam, ini kendaraan seperti ini biasanya sudah otomatis kami stop,” tuturnya.

Lebih lanjut, Wibowo juga mengimbau agar kendaraan umum yang beroperasi bisa dilengkapi dengan safety belt atau sabuk pengaman untuk mencegah peristiwa kecelakaan yang terjadi di Tol Cipali terulang kembali.

“Kendaraan bus angkutan umum juga kalau bisa pakai safety belt. Kejadian yang di Cipali itu terlempar semua kan, arena tidak memakai safety belt,” ucapnya.

“Mungkin akan menjadi lebih minim apabila dilengkapi dengan safety belt,” imbuhnya. (mcr27/jpnn)

Mengantisipasi lakalantas saat libur nataru, polisi minta bus pariwisata dicek kelaikan kendaraannya.

Redaktur : Ridwan Abdul Malik
Reporter : Nur Fidhiah Sabrina

Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News