Nataru 2024, Basarnas Bandung Siagakan Puluhan Personel di Objek Wisata Jabar

Senin, 18 Desember 2023 – 15:35 WIB
Nataru 2024, Basarnas Bandung Siagakan Puluhan Personel di Objek Wisata Jabar - JPNN.com Jabar
Sejumlah personel Basarnas mengikuti upacara Siaga SAR Khusus Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 di Kantor Basarnas Bandung, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Senin (18/12/2023). (ANTARA/HO-Basarnas)

jabar.jpnn.com, SUMEDANG - Badan Search and Rescue Nasional (Basarnas) Bandung menyiagakan sejumlah personel untuk membantu pengamanan di kawasan objek wisata. Hal ini dilakukan, dalam rangka operasi pengamanan libur natal dan tahun baru (Nataru) 2024.

Kepala Basarnas Bandung Hery Marantika mengatakan, sebanyak 94 personel disiagakan di sejumlah titik Jawa Barat. Selain itu, para personel dilengkapi perlengkapan lengkap untuk operasi penyelamatan.

"Jumlah personel 94 orang dan dibantu oleh potensi SAR Jawa Barat yang tersebar di berbagai titik di wilayah Jawa Barat," kata Hery saat upacara Siaga SAR Khusus Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 di Kantor Basarnas Bandung, Kabupaten Sumedang, Senin (18/12).

Hery menuturkan, personel yang disebar untuk siaga pengamanan Natal dan Tahun Baru itu melibatkan seluruh personel Basarnas, kemudian perwakilan dari Forum Koordinasi Potensi Pencarian dan Pertolongan (FKP3), dan perwakilan dari Satuan Karya (SAKA) SAR Jawa Barat.

Seluruh personel itu, kata dia, disiagakan di masing-masing pos yang dinilai rawan terjadinya kecelakaan lalu lintas di antaranya Tol Jakarta-Cikampek KM 57, Tol Cipali KM 102, Tol Cipali KM 166, dan KM 164, Kapal Negara SAR 206 Bandung di Pelabuhan Cirebon, Lingkar Gentong Tasikmalaya, dan Nagreg.

Selanjutnya disiagakan di pos yang wilayahnya memiliki potensi kecelakaan air seperti di objek wisata Pantai Pangandaran, Kabupaten Pangandaran, Pantai Santolo, Kabupaten Garut, dan Waduk Cirata di Kabupaten Purwakarta.

"Siaga SAR khusus Natal dan Tahun Baru ini akan dilaksanakan selama 21 hari dimulai sejak Senin (18/12) hingga 7 Januari 2024," katanya.

Ia mengatakan adanya libur dan cuti bersama di akhir tahun seringkali terjadi mobilisasi orang untuk melaksanakan kegiatan liburan maupun tradisi mudik yang berpotensi terjadinya kedaruratan seperti kemacetan, dan kepadatan arus lalu lintas kendaraan yang mengancam keselamatan pengguna jalan.

Momen Nataru 2024, Basarnas Bandung menyiagakan sejumlah personel untuk membantu pengamanan di kawasan objek wisata.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News