PVMBG Prediksi Gunung Salak Erupsi Freatik, Jalur Pendakian Mulai Hari Ini Ditutup!

Jumat, 15 Desember 2023 – 00:05 WIB
PVMBG Prediksi Gunung Salak Erupsi Freatik, Jalur Pendakian Mulai Hari Ini Ditutup! - JPNN.com Jabar
Peta kawasan rawan bencana di Gunung Salak yang berlokasi di Kabupaten Sukabumi dan Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat. (ANTARA/HO-PVMBG)

jabar.jpnn.com, KABUPATEN BOGOR - Pusat badan Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) memprediksi bakal ada Erupsi Freatik secara tiba-tiba yang terjadi di Gunung Salak, Kabupaten Sukabumi dan Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

PVMBG dalam keterangan resminya juga menyebutkan bahwa potensi ini terjadi sejak Kota Bogor mengalami gempa bumi berkekuatan 4,0 magnitudo pada Jumat (8/12) dini hari, yang memicu gempa tektonik lokal dan Gunung Salak mengalami peningkatan status aktifnya.

Perkembangan Gunung Salak pacagempa yang terjadi pada Jumat (8/12) dini hari, adalah sebagai berikut:

1. Gempa Tektonik Lokal mengalami peningkatan jumlah gempa di atas 4 kali kejadian per hari pada tanggal 6 Desember 2023 sebanyak 8 kejadian.

Kemudian, pada 7 Desember 2023 sebanyak 7 kali kejadian dan 8 Desember 2023 sebanyak 7 kali kejadian.

Pengamatan visual periode 1 – 9 Desember 2023, gunung api terlihat jelas hingga tertutup kabut.

Asap kawah tidak teramati. Cuaca cerah hingga hujan, angin lemah ke arah selatan.

2. Suhu udara sekitar 22-32°C. Pengamatan kegempaan periode 1-9 Desember 2023, masih didominasi gempa tektonik Jauh yang terekam sebanyak 31 kali kejadian dan gempa tektonik lokal sebanyak 22 kali kejadian.

Alami peningkatan aktivitas vulkanologi, jalur pendakian dan objek wisata di kawasan Gunung Salak ditutup hingga waktu yang tidak ditentukan.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News