Teruntuk Warga di Kaki Gunung Salak dan Pangrango, Ada Pesan Penting Nih Dari Bupati Bogor!

Kamis, 14 Desember 2023 – 20:30 WIB
Teruntuk Warga di Kaki Gunung Salak dan Pangrango, Ada Pesan Penting Nih Dari Bupati Bogor! - JPNN.com Jabar
Plt Bupati Bogor, Iwan Setiawan. Foto: Dok Pemkab Bogor.

jabar.jpnn.com, KABUPATEN BOGOR - Bupati Bogor Iwan Setiawan mengimbau warga di sekitar Kaki Gunung Salak untuk meningkatkan kewaspadaan setelah daerah ini dua kali diguncang bencana alam gempa bumi dalam satu pekan terakhir.

"Kami meminta dan mengimbau masyarakat yang rumahnya berlokasi di kaki gunung itu harus waspada," kata Iwan di Cibinong, Kabupaten Bogor, Kamis (14/12).

Menurut Iwan, peringatan tersebut juga berlaku bagi masyarakat yang tinggal di kaki Gunung Gede Pangrango, karena Kabupaten Bogor diapit oleh dua gunung tersebut.

Selain mewanti-wanti masyarakat, ia juga menginstruksikan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor untuk melakukan upaya mitigasi bencana secara optimal.

"Kalau misalkan terjadi kami sudah ada edukasi dan pelatihan untuk pencegahan dari BPBD, kami juga akan mengadakan rapat khusus," kata Iwan.

Ia mengungkapkan bahwa BPBD Kabupaten Bogor juga akan melakukan kajian mengenai wilayah mana saja di kabupaten itu yang masuk dalam garis bentang kaki Gunung Salak dan rawan terjadi gempa bumi.

Bencana alam gempa bumi pertama terjadi pada Jumat (8/12) dini hari di Desa Purwabakti, Pamijahan, Kabupaten Bogor, yang mengakibatkan 77 rumah dan dua tempat ibadah rusak.

Kemudian, pada Kamis (14/12) pagi, gempa bumi kembali terjadi berkekuatan 4,6 magnitudo yang berpusat di Kabupaten Sukabumi.

Bupati Bogor Iwan Setiawan mengimbau warga di sekitar Kaki Gunung Salak dan Pangrango untuk meningkatkan kewaspadaan, pascagempa yang terjadi pagi tadi.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News