Peringati Hari Diabetes dan Pneumonia, Eka Hospital Gelar Health Talk Bersama PT Pfizer Indonesia

Rabu, 29 November 2023 – 00:30 WIB
Peringati Hari Diabetes dan Pneumonia, Eka Hospital Gelar Health Talk Bersama PT Pfizer Indonesia - JPNN.com Jabar
Potret kegiatan Health Talk yang digelar Eka Hospital bersama PT Pfizer Indonesia. Foto: Source for JPNN.com

jabar.jpnn.com, KABUPATEN BOGOR - Peringati Hari Diabetes dan Pneumonia Eka Hospital Group bersama PT. Pfizer Indonesia menggelar kegiatan bertajuk Health Talk sebagai upaya meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pencegahan dan pengelolaan diabetes serta melindungi diri dari pneumonia.

Kegiatan yang mengangkat tema "Usir Khawatir Risiko Pneumonia pada Penyandang Diabetes" itu menghadirkan narasumber dr. Rudy Kurniawan, Sp.PD, MM, MARS, Dip.TH, Dip.SN, DCD, FRSPH selaku Dokter Spesialis Penyakit Dalam & Travel Health Expert Eka Hospital BSD.

dr. Rudy Kurniawan mengatakan diabetes menjadi salah satu penyakit yang menarik perhatian masyarakat Indonesia karena menyebabkan keresahan pada beberapa orang, terutama dari mereka yang memiliki riwayat diabetes di keluarganya.

Diabetes merupakan penyakit dengan risiko kesehatan yang tinggi. Dari data yang diperoleh pada tahun 2021 jumlah pengidap diabetes sebanyak 19,47 juta.

Seperti diketahui, Diabetes Mellitus (DM) adalah penyakit kronis yang ditandai oleh kadar gula darah tinggi (> 200 mg/dL).

Kondisi ini tidak hanya mempengaruhi sistem metabolik tubuh, tetapi juga dapat meningkatkan risiko terhadap berbagai penyakit lainnya, termasuk pneumonia yang bisa menjadi lebih serius pada individu dengan diabetes.

Pneumonia atau biasa disebut dengan radang paru-paru atau lebih dikenal juga sebagai paru–paru basah adalah kondisi medis di mana paru-paru mengalami infeksi yang bisa disebabkan oleh bakteri, jamur, atau virus dan berpotensi menyebabkan paru-paru terisi cairan lendir atau nanah yang dapat mengancam nyawa.

dr. Rudy menjelaskan bahwa semua orang memiliki risiko terkena penyakit pneumonia, dan risiko tersebut meningkat pada bayi di bawah 2 tahun dan orang dewasa di atas 50 tahun.

Peringati Hari Diabetes dan Pneumonia Eka Hospital Group bersama PT. Pfizer Indonesia menggelar kegiatan bertajuk Health Talk.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News