Berkat Hyperlocal, Dominasi Produk UMKM di Tokopedia Naik 5 Kali Lipat di Tahun Ini

Rabu, 22 November 2023 – 22:30 WIB
Berkat Hyperlocal, Dominasi Produk UMKM di Tokopedia Naik 5 Kali Lipat di Tahun Ini - JPNN.com Jabar
Berkat Hyperlocal Tokopedia, jumlah penjual makanan dan minuman di Jawa Barat naik drastis, Tokopedia bagikan kisah inspiratif UMKM Bandung ‘Dendeng Kukuruyuk’. Foto: Source for JPNN.com

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Tokopedia terus menggencarkan inisiatif Hyperlocal yang mengusung teknologi geo-tagging agar UMKM di seluruh wilayah di Indonesia, termasuk Bandung, punya kesempatan yang sama untuk menciptakan peluang bisnis lewat pemanfaatan teknologi.

Kepala Divisi Komunikasi Tokopedia, Rizky Juanita Azuz mengatakan Hyperlocal Tokopedia terdiri dari berbagai manifestasi, salah satunya Kumpulan Toko Pilihan (KTP) yang merupakan halaman kurasi produk penjual terdekat dari lokasi pembeli.

"Ada juga layanan pemenuhan pesanan dilayani Tokopedia yang memungkinkan penjual menitipkan produk, misalnya makanan kering, di gudang-gudang pintar Tokopedia pada wilayah dengan permintaan tinggi,” katanya.

Manifestasi Hyperlocal Tokopedia lainnya adalah Tokopedia NYAM!, halaman kurasi produk makanan dan minuman dari pelaku usaha di Indonesia termasuk UMKM di Bandung.

Berkat manifestasi Hyperlocal Tokopedia yang konsisten dilakukan, Tokopedia mencatat berbagai dampak positif pada perekonomian daerah di Jawa Barat hingga Bandung.

“Misalnya, Tokopedia mencatat beberapa daerah di Jawa Barat dengan kenaikan jumlah transaksi tertinggi selama semester I 2023 saat pascapandemi dibandingkan semester II 2019 saat prapandemi, yaitu Bandung Barat, Bogor, Kuningan, Majalengka hingga Cimahi, dengan kenaikan rata-rata lebih dari 2 kali lipat,” tuturnya.

Jumlah penjual di Bandung yang tergabung dalam Kumpulan Toko Pilihan (KTP) naik hampir 2 kali lipat di kuartal III 2023 dibandingkan kuartal III 2022.

“Di sisi lain, jumlah transaksi yang terjadi melalui Dilayani Tokopedia di Bandung meningkat drastis hingga hampir 28 kali lipat di semester I 2023 saat pascapandemi dibandingkan semester II 2019 saat prapandemi,” ujarnya.

Lewat nisiatif Hyperlocal yang mengusung teknologi geo-tagging, Tokopedia sukses mendongkrak geliat pelaku UMKM di pasar digital.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News