Ratusan Warga di Kampung Cikubang Purwakarta Keracunan, Polda Jabar Merespons

Sabtu, 18 November 2023 – 13:11 WIB
Ratusan Warga di Kampung Cikubang Purwakarta Keracunan, Polda Jabar Merespons - JPNN.com Jabar
Ilustrasi keracunan makanan massal. Ilustrator: Sultan Amanda Syahidatullah/JPNN.com

jabar.jpnn.com, PURWAKARTA - Ratusan warga di Kampung Cikubang, RW 01, Desa Pusakamulya, Kecamatan Kiarapedes, Kabupaten Purwakarta diduga mengalami keracunan makanan pada Jumat (17/11) malam.

Akibatnya, mereka harus dilarikan ke rumah sakit dan puskesmas untuk mendapatkan perawatan. 

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Ibrahim Tompo mengatakan, peristiwa keracunan massal itu terjadi malam tadi. Warga mengalami gejala pusing, muntah, buang air besar, hingga diare seusai mengonsumsi nasi bungkus. 

"Terjadi kejadian diduga korban keracunan makanan dengan gejala pusing, muntah, dan buang air besar, diare. Korban berjumlah sebanyak 168 orang," kata Ibrahim dikonfirmasi, Sabtu (18/11). 

Ia menerangkan, awal mula keracunan terjadi ialah setelah warga mengonsumsi nasi bungkus yang terdiri dari nasi, telur balado, mi kuning dan gorengan. Mereka mengonsumsi makanan tersebut seusai melaksanakan salat Jumat. 

"Setelah selesai melaksanakan salat Jumat berjemaah di Masjid Al Hidayah, para jemaah mengambil nasi karena sudah menjadi kegiatan rutin setiap hari Jumat dalam tema Jumat Berkah," ucap dia. 

Dari ratusan orang yang mengalami keracunan, sebanyak 85 orang diobati di klinik Ibnu Sina dan dirawat 10 orang. 

Kemudian, di Puskesmas Kiarapeses yang berobat 14 orang dan di Puskesmas Wanayasa yang berobat 58 orang dan yang dirawat 31 orang. 

Ratusan warga di Kampung Cikubang, Desa Pusakamulya, Kabupaten Purwakarta diduga mengalami keracunan makanan seusai mengonsumsi nasi bungkus.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News