Satu Kasus Cacar Monyet Terkonfimasi di Kota Bandung, Dinkes Telusuri Kontak Erat

Senin, 30 Oktober 2023 – 14:00 WIB
Satu Kasus Cacar Monyet Terkonfimasi di Kota Bandung, Dinkes Telusuri Kontak Erat - JPNN.com Jabar
Satu Kasus Cacar Monyet Terkonfimasi di Kota Bandung, Dinkes Telusuri Kontak Erat. Ilustrasi foto: Reuters: CDC/Brian WJ Mahy/Handout

jabar.jpnn.com, KOTA BANDUNG - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyatakan, kasus cacar monyet atau Monkeypox sudah masuk Jawa Barat. Satu kasus itu ditemukan di Kota Bandung.

Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan (Dinkes) Jawa Barat Rochady Hendra Setia mengonfirmasi kebenaran informasi tersebut.

“Iya (Monkeypox sudah masuk Jabar), satu. Kasus dari Bandung itu dilaporkan oleh Kemenkes, Dirjen P2P Kemenkes,” kata Rochady dikonfirmasi, Senin (30/10).

Pascatemuan kasus cacar monyet, Dinkes tengah melakukan pelacakan kontak erat pada pasien yang positif tersebut. Hal itu dilakukan guna memutus mata rantai penyebaran cacar monyet.

“Kami dari Dinkes Jabar dan Kota Bandung sedang berkoordinasi untuk menemukan orang yang kontak erat dengan satu orang warga yang positif Monkeypox,” ujarnya.

Pelacakan kontak erat ini penting dilakukan, untuk mencegah penambahan kasus baru di wilayah Jawa Barat, khususnya Kota Bandung.

Sebabnya, penyakit ini muncul dikarenakan penularan langsung dari pasien yang positif.

“Pelacakan kontak erat dilakukan untuk dapat diberikan pencegahan timbulnya gejala penyakit cacar monyet. Agar tidak menularkan kepada orang lain,” tuturnya.

Kemenkes menyatakan, kasus cacar monyet atau Monkeypox sudah masuk Jawa Barat. Satu kasus itu ditemukan di Kota Bandung, beberapa waktu lalu.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News