Lewat Program Z-Chiko, Baznas Jabar Fokus Berdayakan Mustahik

Jumat, 27 Oktober 2023 – 21:45 WIB
Lewat Program Z-Chiko, Baznas Jabar Fokus Berdayakan Mustahik - JPNN.com Jabar
Bersama pihak swasta, Baznas Jawa Barat fokus memberdayakan mustahik lewat pelatihan keterampilan. Foto: Source for JPNN.com

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Jumlah Mustahik atau orang yang layak menerima manfaat zakat di Jawa Barat masih sangat banyak, sehingga program pemberdayaan bagi kelompok kurang mampu menjadi keniscayaan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Wakil Ketua II Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan BAZNAS Jabar, Ali Kosim mengatakan pihaknya bersama pemerintah dan pihak swasta terus berupaya untuk mengurangi jumlah Mustahik di Jabar yang hampir mencapai 7 juta orang.

Saat ini, BAZNAS Jabar berkolaborasi dengan Chiko memberdayakan para Mustahik dengan memberikan pelatihan skill produktif melalui program Z-Chiko.

"Program Z-Chiko diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya para mustahik penerima manfaat. Sebagai pilot project, program ini akan dilakukan di Kota Bandung untuk memudahkan monitoring yang nantinya akan diterapkan di kabupaten/kota di Jawa Barat," tuturnya.

Dirinya menjelaskan program Z-Chiko diberikan kepada 10 orang penerima manfaat sebagai program pendayagunaan yang fokus meningkatkan kualitas UMKM melalui produk ayam goreng khas Korea.

Dia menyebut para penerima manfaat tersebut telah melewati proses seleksi ketat ini menerima bantuan sebesar Rp5 juta untuk mendukung usaha mereka

Menurutnya, para penerima manfaat ini merupakan individu yang memiliki semangat wirausaha dan tekad kuat untuk meningkatkan kualitas hidup mereka.

Selain di Kota Bandung, BAZNAS Jabar akan menerapkan Z-Chiko di seluruh kabupaten/kota di Jawa Barat sehingga akan ada 270 orang penerima manfaat yang berwirausaha.

Baznas Jabar berdayakan mustahik dengan melakukan kolaborasi bersama Chiko lewat program Z-Chiko.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News