HKTI Jabar: Hadapi Dampak El Nino, Petani Harus Maksimalkan Irigasi

Kamis, 26 Oktober 2023 – 17:30 WIB
HKTI Jabar: Hadapi Dampak El Nino, Petani Harus Maksimalkan Irigasi - JPNN.com Jabar
Ilustrasi sawah. Foto: Kementan

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Infrastruktur pertanian memegang peran sentral dalam menjamin ketersediaan beras yang cukup untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri. Apalagi, saat ini Indonesia sedang menghadapi tantangan fenomena El Nino.

Keberlangsungan panen di berbagai wilayah di sepanjang tahun ini pun turut membantu menyuplai pasukan beras, sehingga stok beras nasional sampai akhir tahun ini bisa diandalkan.

Merespons hal ini, Ketua Harian Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Jawa Barat Entang Sastramadja mengatakan, peran utamanya adalah memastikan bahwa infrastuktur menjadi pendorong utama dalam meningkatkan produksi pertanian.

“Bukan hanya sekadar meningkatkan produksi, tetapi kami juga harus meningkatkan produktivitas pertanian,” kata Entang dalam keterangannya, Kamis (26/10).

Selanjutnya, Entang mengungkapkan bahwa dalam menghadapi kondisi El Nino, salah satu kunci infrastruktur pertanian adalah irigasi.

“Infrastruktur pertanian mencakup masalah irigasi, sehingga perbaikan irigasi yang telah rusak sekarang sudah waktunya. Irigasi yang rusak harus diganti,” jelasnya.

Oleh karena itu, menurutnya, fokus utama dalam infrastruktur pertanian adalah irigasi pertanian. Kualitas irigasi akan menjadi faktor penentu dalam menghadapi dampak El Nino.

“Jadi, meskipun kita menghadapi El Nino, jika pasokan air mencukupi dan sistem irigasi berfungsi dengan baik, kita tidak akan mengalami masalah,” ungkapnya

Dalam menghadapi fenomena El Nino, petani harus memaksimalkan infrastruktur yakni irigasi.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News