Menkop Teten Minta Pemda Dorong Pelaku UMKM Jadi Pemasok Barang Industri

Senin, 23 Oktober 2023 – 15:15 WIB
Menkop Teten Minta Pemda Dorong Pelaku UMKM Jadi Pemasok Barang Industri - JPNN.com Jabar
Menteri Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Teten Masduki saat meninjau stand UMKM dalam peresmian Pusat Layanan Unit Terpadu (PLUT) KUKM di Soreang, Kabupaten Bandung, Senin (23/10). Foto: Nur Fidhiah Shabrina/JPNN.com

jabar.jpnn.com, KABUPATEN BANDUNG - Menteri Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Teten Masduki meminta pemerintah daerah mendorong pelaku UMKM di kota/kabupaten agar bisa bersaing dengan pengusaha kelas global.

Pelaku UMKM, kata Teten, tidak boleh dibiarkan jalan sendiri. Harus ada pendampingan dan pembinaan dari pemerintah daerah.

Hal itu disampaikan Teten saat menghadiri peresmian Pusat Layanan Unit Terpadu (PLUT) KUKM di Soreang, Kabupaten Bandung, Senin (23/10).

“PLUT ini sudah dibangun di berbagai daerah. Kehadiran PLUT supaya bisa meningkatkan kualitas produksi mereka, tidak menerus mikro, Syukur-syukur bisa bertarung dengan produk global, bukan lagi sepintas dan hanya berlalu begitu saja,” kata Teten dalam sambutannya.

Teten mengungkapkan, dalam membina UMKM diperlukan sisitem pendekatan inkubasi. Mereka tidak hanya diberikan pelatihan, tapi juga diperhatikan dan dibina.

Hal ini supaya bisnis yang dibangun tidak hanya melahirkan produk yang sejenis,tapi juga beragam.

“Jangan dibiarkan UMKM berjalan seperti tanpa pilot atau auto pilot, tanpa bimbingan. UMKM di mana-mana bikin keripik, bikin seblak, batik, ini enggak boleh dilakukan,” tuturnya.

Lebih lanjut, Teten menyebut pihaknya sudah meminta kepada Presiden Joko Widodo supaya sektor industri yang bisa dipasok oleh UMKM tidak diserahkan ke produsen berskala global.

Menkop UKM Teten Masduki meminta pemerintah daerah agar mendorong pelaku UMKM di kota/kabupaten bisa bersaing dengan pengusaha kelas global.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News