Atasi Stunting Dengan Rutin Mengonsumsi Daun Kelor

Rabu, 18 Oktober 2023 – 18:30 WIB
Atasi Stunting Dengan Rutin Mengonsumsi Daun Kelor - JPNN.com Jabar
Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Maranatha Bandung dr Theresia Monica Rahardjo. Foto : Source for JPNN

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Maranatha Bandung, dr. Theresia Monica Rahardjo membeberkan ada formula jitu yang dapat mengatasi stunting.

Selain mudah didapat dan murah, tetapi juga efektif dalam menuntaskan gagal tumbuh pada anak, yaitu daun kelor.

Tidak dapat dipungkiri, stunting atau gagal tumbuh pada anak tengah menjadi pekerjaan rumah (PR) bersama, tidak hanya pemerintah pusat tetapi juga daerah, termasuk Jawa Barat.

Sebab stunting dapat memupuskan harapan mewujudkan Indonesia Emas di 2045, bila sedari sekarang tidak segera ditangani secara preventif, lantaran akan membuat generasi penerus tidak mampu bersaing akibat dampak dari gagal tumbuh.

Salah satu penyebabnya, selain anemia yang dialami oleh ibu ketika mengandung, juga disebabkan kekurangan gizi.

Imbas ketidakmampuan masyarakat dalam memenuhi asupan protein dan minimnya informasi akan pentingnya makanan kaya gizi di awal pascalahir.

Tak heran, kini pemerintah baik pusat hingga daerah sangat menggencarkan sosialisasi konsumsi makanan tinggi protein, salah satunya telur.

Melalui buku yang ditulis olehnya berjudul "Daun Kelor, Stunting dan Ketahanan Nasional", diharapkan dapat mengedukasi masyarakat, bahwa dengan tumbuhan bernama ilmiah Moringa oleifera, kans menuju Indonesia Emas 2045 terbuka sangat besar.

Dosen Kedokteran Universitas Maranantha Bandung, dr Theresia Monica Rahardjo menyebut daun kelor merupakan formula jitu yang dapat mengatasi stunting.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News