Baznas Jabar Bagikan 3.000 Paket Sembako untuk Warga Terdampak Kebakaran TPA Sarimukti

Rabu, 11 Oktober 2023 – 15:45 WIB
Baznas Jabar Bagikan 3.000 Paket Sembako untuk Warga Terdampak Kebakaran TPA Sarimukti - JPNN.com Jabar
Baznas Jabar Bagikan 3.000 Paket Sembako Untuk Warga Terdampak Kebakaran TPA Sarimukti. Foto: Source for JPNN.

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Jawa Barat (Jabar) membagikan 3.000 paket sembako untuk 15 Desa terdampak kebakaran TPA Sarimukti, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Selasa (10/10). Paket-paket sembako tersebut diterima langsung oleh masing-masing kepala desa.

Wakil Ketua II BAZNAS Jawa Barat, Ali Khosim mengatakan bahwa, kebakaran di TPA Sarimukti terjadi sejak 19 Agustus 2023. Banyak warga sekitar yang terdampak hingga mengalami kerugian yang cukup besar.

"Selain mengancam lingkungan sekitar, kebakaran ini juga mengakibatkan kerusakan dan kerugian materi yang signifikan. Banyak masyarakat sekitar yang kehilangan tempat tinggal dan sumber pendapatan mereka," kata Ali dalam keterangan tertulisnya kepada JPNN.com, dikutip Rabu (11/10).

Ali mengungkapkan, melihat kondisi tersebut, Baznas Jabar bersama-sama dengan pemerintah Provinsi Jawa Barat mengambil langkah konkret untuk membantu korban. Dimana sebelumnya, pada tanggal 2 September 2023 Baznas Jabar juga sudah mendistribusikan oksigen dan masker untuk membantu warga setempat yang tengah bertahan dengan asap tebal yang disebabkan oleh kebakaran. Kini dengan bantuan sembako diharapkan dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan dasar para warga terdampak.

"Zakat bukan hanya sebagai kewajiban agama, tetapi juga sebagai wujud kepedulian sosial kita terhadap sesama. Di saat kondisi sulit seperti ini, zakat dapat memberikan harapan dan bantuan yang sangat dibutuhkan oleh mereka yang terdampak." ujarnya.

Ali Khosim berharap , bantuan yang diberikan dapat meringankan beban warga terdampak kebakaran TPA Sarimukti.

Ali menambahkan, pihaknya berkomitmen untuk terus menjalankan peran pentingnya dalam mengelola zakat, infak, sedekah dan memberikan bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan, terutama dalam situasi darurat seperti kebakaran ini. Upaya kolaboratif dengan pemerintah dan dukungan dari masyarakat sangatlah penting untuk memastikan bahwa bantuan yang diberikan dapat mencapai mereka yang membutuhkan dengan cepat dan efektif.

Penyerahan sembako kali berlangsung di area TPA Sarimukti dihadiri langsung oleh Kepala Biro Kesra mewakili PJ. Gubernur Jabar, Dandim Cimahi mewakili Pangdam Siliwangi, Pimpinan Baznas Jawa Barat, Pimpinan Baznas KBB dan diterima langsung oleh masing-masing Kepala Desa setempat.

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Jawa Barat (Jabar) membagikan 3.000 paket sembako untuk 15 Desa terdampak kebakaran TPA Sarimukti.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News