Berbagai Upaya Pemkot Bandung Kurangi Ritase Sampah ke TPA Sarimukti

Minggu, 27 Oktober 2024 – 12:00 WIB
Berbagai Upaya Pemkot Bandung Kurangi Ritase Sampah ke TPA Sarimukti - JPNN.com Jabar
Pengolahan sampah di TPST Simpel, RW 01 Simpangsari, Kelurahan Sukamiskin, Kota Bandung. Foto: Diskominfo Kota Bandung

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung tengah berupaya mengurangi ritase pengiriman sampah ke TPA Sarimukti. 

Pengiriman ritase ini dari 170 rit menjadi 140 rit per harinya. Berbagai upaya pun dilakukan, salah satunya melalui pengelolaan sampah secara mandiri. 

Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Kota Bandung Dharmawan mengatakan, pihaknya optimistis Bandung akan tumbuh menjadi nol sampah. 

Menurutnya, syarat mewujudkan Bandung sebagai kota nol sampah ialah gerakan masif dan nyata seluruh lapisan masyarakat bersama pemerintah dalam mengelola sampah. 

Untuk mewujudkan hal tersebut, slogan 'Tidak Dipilah Tidak Diangkut' menjadi pacuan bagi seluruh lapisan masyarakat untuk memilah sampah sejak di rumah.

"Kita sedang berusaha dengan berbagai lapisan, untuk memilah sampah sejak sumber. Selain itu, kita juga punya tagline 'Tidak Dipilah Tidak Diangkut'," kata Dharmawan, Minggu (27/10). 

Dharmawan menerangkan, pihaknya sempat meninjau salah satu TPST yang ada di Bandung, yakni TPST Simpel atau Simpangsari Peduli Lingkungan di RW 01 Simpangsari, Kelurahan Sukamiskin. 

Melihat fasilitas dan kesigapan TPST Simpel, Dharmawan mengaku senang dan menyampaikan apresiasi.

Begini berbagai cara Pemkot Bandung demi mengurangi ritase pengiriman sampah ke TPA Sarimukti.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News