Pemprov Jabar Ajukan Sejumlah Tokoh untuk Dijadikan Pahlawan Nasional

Selasa, 01 Maret 2022 – 18:30 WIB
Pemprov Jabar Ajukan Sejumlah Tokoh untuk Dijadikan Pahlawan Nasional - JPNN.com Jabar
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dalam peresmian nama Jalan Layang Mochtar Kusumaatmadja di Kantor Inspektorat Pemprov Jabar, Selasa (1/3). (Foto: Nur Fidhiah Shabrina/JPNN.com)

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat tengah mengusulkan beberapa calon tokoh pahlawan nasional. Salah satu nama yang diusulkan adalah Mochamad Toha.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan nama-nama yang sudah dia kantongi ini memiliki jasa besar dan bersumbangsih bagi bangsa Indonesia. Pihaknya bakal mengupayakan agar nama-nama yang diusulkan bisa segera mendapatkan gelar pahlawan nasional.

“Kami punya daftar banyak, semua akan diperjuangkan, nah kami lihat mana karena keputusannya ada di pemerintah pusat ya,” kata Ridwan Kamil dalam peresmian nama Jalan Layang Mochtar Kusumaatmadja di Kantor Inspektorat Pemprov Jabar, Selasa (1/3).

Menurut Eks Wali Kota Bandung ada lima sampai tujuh tokoh asal Jabar yang disulkan ke Pemerintah Pusat sebagai pahlawan nasional. Nama-nama itu berkombinasi, mulai dari ulama dan tokoh masa lalu di zaman colonial. “Legenda itu kami perjuangkan, minta doanya saja,” tuturnya.

Lebih lanjut, Ridwan Kamil juga meminta kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung agar dicarikan sosok pahlawan Jabar yang bisa dijadikan nama untuk flyover di Bandung. Salah satunya adalah Flyover Laswi.

“Saya sempat ke almarhum Mang Oded ya, menyapaikan bahwa flyover yang proyek Pe,rpov dulu, yang melintasi ruas Jalan Pasupati sama yang Jalan Gatot Subroto dicarikan pahlawan dari Kota Bandung saja, tetapi harus disurvei oleh Pak Yana,” kata pria yang karib disapa Kang Emil itu. (mcr27/jpnn)

Pemprov Jabar tengah mengusulkan beberapa nama tokoh yang diajukan sebagai pahlawan nasional ke Pemerintah Pusat.

Redaktur : Ridwan Abdul Malik
Reporter : Nur Fidhiah Sabrina

Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News