Pamer Kebersamaan Menjelang Pilpres, Pengamat Unpad Ingatkan Hal ini ke Ridwan Kamil

Senin, 28 Februari 2022 – 15:10 WIB
Pamer Kebersamaan Menjelang Pilpres, Pengamat Unpad Ingatkan Hal ini ke Ridwan Kamil - JPNN.com Jabar
Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil beraama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menikmati bubur ayam di jalan homan, Kota Bandung, Kamis (24/2). (Rizal FS/Biro Adpim Jabar).

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Gubenur DKI Jakarta Anies Baswedan tak lagi malu-malu mengumbar ‘kemesraan’. Apalagi menuju pesta demokrasi Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Nama mereka digadang-gadang dipasangkan sebagai pasangan capres dan cawapres.

Terbaru, Ridwan Kamil dan Anies Baswedan menyempatkan makan malam bersama seusai menghadiri acara G20 di Kota Bandung dan menyapa warga sekitar di pusat kota itu, Kamis malam (24/2) lalu. Keakraban mereka juga pernah terekam dalam momen di Jakarta Internasional Stadium (JIS).

Pengamat Politik Universitas Padjajaran (Unpad) Bandung Firman Manan menuturkan, keduanya punya potensi maju sebagai pasangan capres dan cawapres 2024. Pernyataan itu beralasan, karena baik Ridwan Kamil atau Anies Baswedan sama-sama memiliki elektabilitas yang bagus.

“Dari sisi elektabilitas, tentu kalau dilihat dari hasil-hasil survei itu, memang keduanya punya tingkat elektabilitas yang cukup tinggi. Artinya, punya potensi maju di 2024, termasuk dipasangkan,” kata Firman dihubungi, Senin (28/2).

Lebih lanjut, Firman mengatakan, bila melihat kemampuan, Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil dan Anies Baswedan dalam bursa capres 2024 sudah saling melengkapi.

Mereka bisa menggunakan beberapa pola dalam hal menggaet calon suara, seperti figur nasionalis dengan figur agamis atau figur kedaerahan.

“Misalnya, dari Jawa dengan luar Jawa, atau juga missal sipil-militer,” jelasnya.

Kendati demikian, kata Firman, ada persoalan yang harus dihadapi bila menginginkan keduanya dipasangkan, yaitu kendaraan politik. Sampai saat ini, keduanya masih belum memiliki partai politik yang menaunginya.

Ridwan Kamil dan Anies Baswedan umbar kebersamaan menjelang Pilpres 2024. Pengamat Politik Unpad ingatkan hal ini.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News