5.824 KK di Kabupaten Bogor Terdampak Pembangunan Waduk Cibeet dan Cijurey

Jumat, 29 September 2023 – 07:30 WIB
5.824 KK di Kabupaten Bogor Terdampak Pembangunan Waduk Cibeet dan Cijurey - JPNN.com Jabar
Peta pembangunan Waduk Cibeet dan Waduk Cijurey di Kabupaten Bogor, Jawa Barat. (ANTARA/HO-Humas Pemkab Bogor)

jabar.jpnn.com, KABUPATEN BOGOR - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor mencatat sebanyak 5.824 Kepala Keluarga (KK) di tiga kecamatan, yakni Sukamakmur, Tanjungsari dan Cariu, terdampak pembangunan Waduk Cibeet dan Waduk Cijurey.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappedalitbang) Kabupaten Bogor, Ajat Rochmat Jatnika menjelaskan bahwa pihaknya akan merekomendasikan beberapa opsi penanganan relokasi kepada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR) sebagai pemilik program.

"Mulai dari lokasi relokasi baik mandiri atau kolektif, hingga mengenai mekanisme relokasi," ungkap Ajat.

Ia menjelaskan Waduk Cibeet yang akan dibangun di Kecamatan Cariu dan Tanjungsari akan menggusur rumah yang dihuni 5.697 KK di beberapa desa seperti Bantarkuning, Cariu, Cibatutiga, Cikutamahi, Karyamekar, Mekarwangi di Kecamatan Cariu serta Desa Antajaya dan Tanjungrasa di Kecamatan Tanjungsari.

Kemudian, Waduk Cijurey akan menggusur rumah-rumah yang dihuni 127 KK di Desa Karyamekar Kecamatan Cariu, Desa Sukadamai dan Sukaharja Kecamatan Sukamakmur serta Desa Selawangi di Kecamatan Tanjungsari.

Ajat mengatakan bahwa saat ini Pemerintah Kabupaten Bogor sedang melakukan persiapan untuk pembangunan dua waduk tersebut.

"Secara definitif pembangunan Bendungan Cibeet dan Cijurey itu sudah tertuang di dalam RTRW (Rencana Tata Ruang Wilayah) kami di tahun 2016. Artinya sudah ditentukan bahwa di situ akan dibangun waduk atau bendungan," kata Ajat.

Waduk Cibeet akan dibangun dengan lahan seluas 1.700,26 hektare di delapan desa yang ada di dua kecamatan, yaitu Tanjungsari dan Cariu.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor mencatat sebanyak 5.824 Kepala Keluarga (KK) bakal terdampak pembangunan Waduk Cibeet dan Waduk Cijurey.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News