Rp8,9 Triliun Digelontorkan Pemerintah Demi Membangun Waduk Cibeet dan Cijurey

Senin, 25 September 2023 – 08:30 WIB
Rp8,9 Triliun Digelontorkan Pemerintah Demi Membangun Waduk Cibeet dan Cijurey - JPNN.com Jabar
Ilustrasi uang rupiah. Foto: dok.JPNN.com

jabar.jpnn.com, KABUPATEN BOGOR - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR) melelang paket pekerjaan konstruksi Waduk Cibeet dan Cijurey yang berlokasi di Kabupaten Bogor, senilai Rp8,9 triliun.

KemenPUPR melalui situs resmi Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) mengumumkan telah melakukan tender pekerjaan konstruksi dua waduk tersebut menggunakan APBN Tahun Anggaran 2023.

Masing-masing pekerjaan konstruksi waduk dibagi menjadi tiga paket. Untuk Waduk Cibeet, Paket I dengan nilai pagu Rp2 triliun lelangnya dimenangkan oleh PT Nindya Karya.

Paket II dengan nilai pagu Rp1,8 triliun dimenangkan PT Pembangunan Perumahan dan Paket III dengan nilai pagu Rp1,8 triliun dimenangkan PT Waskita Karya.

Kemudian, untuk Waduk Cijurey, Paket I dengan nilai pagu Rp1,3 triliun lelangnya dimenangkan oleh PT Brantas Abipraya, Paket II dengan nilai pagu Rp1,1 triliun dimenangkan PT Hutama Karya, dan Paket III dengan nilai pagu Rp1,2 triliun dimenangkan PT Wijaya Karya.

Menanggapi hal itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Bogor Burhanudin menyebutkan bahwa selama proses lelang berjalan, Pemerintah Kabupaten Bogor siap membantu KemenPUPR dalam proses penyiapan lahan dua waduk yang akan dibangun di tiga kecamatan wilayah timur Kabupaten Bogor, yaitu Sukamakmur, Tanjungsari, dan Cariu.

"Kami sifatnya supporting, mudah-mudahan itu (pembebasan lahan) bisa lebih cepat," kata dia.

Waduk Cibeet akan dibangun dengan lahan seluas 1.700,26 hektare di delapan desa yang ada di dua kecamatan, yaitu Tanjungsari dan Cariu.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR) melelang paket pekerjaan konstruksi Waduk Cibeet dan Cijurey dengan anggaran Rp8,9 triliun.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News