Dishub Jabar Siapkan Skema Pengangkutan Penumpang dari Stasiun Kereta Api Cepat

Rabu, 27 September 2023 – 20:45 WIB
Dishub Jabar Siapkan Skema Pengangkutan Penumpang dari Stasiun Kereta Api Cepat - JPNN.com Jabar
Ilustrasi: Kereta cepat Jakarta Bandung yang diberi nama Whoosh. Foto: Nur Fidhiah Shabrina/JPNN.com

jabar.jpnn.com, KOTA BANDUNG - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat mematangkan sejumlah fasilitas pendukung menjelang peresmian kereta cepat Jakarta Bandung atau Whoosh pada Oktober 2023.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Jabar A Koswara mengatakan, beberapa fasilitas perhubungan yang disiapkan oleh Pemprov yaitu shuttle bus ke Stasiun KCJB Tegalluar, dan kereta feeder ke Stasiun Padalarang.

“Kami sudah memperhitungkan penumpang yang turun di Tegalluar itu 40% penumpang. Dari kapasitas kereta Whoosh yang 600 seat, kami siapkan 300 seat kereta feeder di Tegalluar,” kata Koswara, Rabu (27/9).

Ia menjelaskan, untuk penumpang Whoosh dari Stasiun Padalarang, nantinya akan diangkut seluruhnya menggunakan kereta feeder.

Sedangkan, penumpang dari Stasiun Tegalluar akan diantar menggunakan shuttle bus menuju pusat Kota Bandung.

Ada pun total shuttle yang disediakan ada 12 dengan rincian, delapan dari Damri, dan sisanya dari Bluebird.

“Jadi, masyarakat yang akan menggunakan kereta cepat dari Tegalluar, dia menyimpan kendaraan di pool Damri, di situ kemudian naik shuttle ke sini (Tegalluar). Kemudian, stasiun kereta yang dilayani jalur Damri itu ada Stasiun Gedebage dan Stasiun Cimekar,” jelasnya.

Whoosh sendiri saat ini masih dilakukan uji coba penumpang dalam dua tahap, dari 18 – 30 September 2023.

Pemprov Jabar mematangkan sejumlah fasilitas pendukung menjelang peresmian kereta cepat Jakarta Bandung atau Whoosh pada Oktober 2023.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News