37 Dari 40 Kecamatan di Kabupaten Bogor Terdampak Kekeringan

Minggu, 24 September 2023 – 07:30 WIB
37 Dari 40 Kecamatan di Kabupaten Bogor Terdampak Kekeringan - JPNN.com Jabar
Kekeringan. Foto : Ricardo/JPNN.con

jabar.jpnn.com, KABUPATEN BOGOR - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) mencatat sebanyak 37 dari 40 kecamatan yang ada di Kabupaten Bogor terdampak kekeringan sejak 3 Mei hingga 20 September 2023.

"Kekeringan di Kabupaten Bogor yang telah mencapai angka 92,5 persen ini tersebar di 164 desa/kelurahan dengan total terdampak 98.025 Kartu Keluarga (KK) atau 335.901 jiwa," kata Staf Kedaruratan dan Logistik pada BPBD Kabupaten Bogor Jalaludin.

Ia mengungkapkan tiga kecamatan yang belum terdampak kekeringan yaitu Cileungsi, Ciseeng dan Tajurhalang.

Jalal menyebutkan bahwa selama musim kemarau ini, BPBD Kabupaten Bogor dan beberapa institusi lain telah mendistribusikan sebanyak 2.960.000 liter bantuan air bersih ke masyarakat yang wilayahnya terdampak kekeringan.

Bupati Bogor Iwan Setiawan meminta masyarakat di daerahnya tidak panik menghadapi dampak kekeringan, sebab Pemerintah Kabupaten Bogor, siap memberikan bantuan berupa air bersih.

"Pemda siap memenuhi kebutuhan air bersih untuk kegiatan Mandi Cuci Kakus (MCK) masyarakat. Saya minta masyarakat jangan panik, suplai air dengan cepat kami distribusikan," kata Iwan.

Ia mengatakan pertolongan pertama pemberian air bersih untuk masyarakat terdampak bencana kekeringan rutin dilakukan melalui kolaborasi antara BPBD, Disdamkar, PMI, Perumda Tirta Kahuripan dan perusahaan swasta.

Pendistribusian air bersih dilakukan berdasarkan permintaan masyarakat melalui call center tanggap darurat bencana kekeringan yang terpusat di Badan Penggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor.

Dari 40 kecamatan yang ada di Kabupaten Bogor, hanya tiga kecamatan yang tidak terdampak kekeringan. Berikut perinciannya.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News