BISFF 2023 Siap Tampilkan 153 Film Produksi Mahasiswa dari 8 Negara

Rabu, 20 September 2023 – 19:06 WIB
BISFF 2023 Siap Tampilkan 153 Film Produksi Mahasiswa dari 8 Negara - JPNN.com Jabar
Kegiatan Bandung International Student Film Festival (BISFF) 2023 di Universitas Pendidikan Indonesia. Foto: Source for JPNN.

jabar.jpnn.com, KOTA BANDUNG - Perkembangan industri film terus mengalami tren positif di Indonesia. Subsektor ekonomi kreatif terus mengalami perkembangan dalam 10 tahun terakhir, hal itu terlihat dari banyaknya produksi film Indonesia.

Fenomena ini juga ditunjukkan dengan munculnya program studi atau minat belajar di perguruan tinggi yang memajukan ilmu perfilman di Indonesia, salah satunya di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).

Sejak tahun 2019, UPI mendirikan Program Studi Film dan Televisi (FTV). Hingga saat ini, FTV telah memiliki lebih dari 400 mahasiswa aktif, dan meluluskan angkatan pertamanya di tahun 2023 sebanyak 50 mahasiswa.

Tahun 2020, melalui program studi FTV, UPI berhasil mendukung gelaran Festival film pertama kali yaitu Bandung International Student Film Festival (BISFF), dan bertransformasi menjadi ajang internasional. Hal ini merupakan hasil jerih payah yang dilakukan civitas akademik di Program Studi Film dan Televisi FPSD UPI selama beberapa tahun.

Rektor UPI, M. Solehuddin mengungkapkan, sebagai universitas yang menempatkan pendidikan sebagai prioritas utama, pihaknya sangat mendukung kegiatan yang mendorong kreativitas, inovasi, serta dialog budaya.

"Kegiatan festival ini tidak hanya memberikan kesempatan kepada para mahasiswa untuk mengekspresikan bakat mereka, tetapi juga sebagai ajang pertukaran ide dan pengalaman antar mahasiswa dari berbagai negara," ucap Solehuddin dalam keterangan tertulisnya kepada JPNN.com, dikutip Rabu (20/9).

BISFF Festival Founder, Harry Tjahtjodiningrat mengatakan, sebagai ruang budaya, kegiatan festival film juga membentuk ruang diskusi, mengadakan workshop berupa kelas dan seminar hingga presentasi di pasar film yang mempertemukan para praktisi film dan industri.

Menurutnya, hal ini sejalan dengan program-program yang diselenggarakan oleh BISFF. Beberapa kegiatan seperti workshop, diskusi dan pemutaran film secara parallel di beberapa lokasi merupakan bentuk nyata yang disuguhkan oleh BISFF pada tahun ini,

Bandung International Student Film Festival (BISFF) 2023 diikuti mahasiswa dari 8 negara dan akan menampilkan 153 Film dari 4 Kategori.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News