Cegah Kebakaran, Pemkab Purwakarta Tutup 3 Objek Wisata Alam

Rabu, 20 September 2023 – 08:30 WIB
Cegah Kebakaran, Pemkab Purwakarta Tutup 3 Objek Wisata Alam - JPNN.com Jabar
Ilustrasi kebakaran. Foto: Kenny Kurnia Putra/JPNN.com

jabar.jpnn.com, PURWAKARTA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta, menutup sementara objek wisata alam untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya kebakaran lahan dan hutan (karhutla) di lokasi objek wisata wilayah Purwakarta.

"Kami telah mengirimkan surat imbauan penutupan sementara objek wisata alam pada musim kemarau panjang seperti sekarang ini," kata Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan Purwakarta, Mohammad Ramdhan.

Hal tersebut dilakukan karena pada musim kemarau panjang sebagai dampak dari fenomena El Nino, lahan dan hutan itu rawan terbakar.

Ia menyampaikan ada tiga objek wisata di Purwakarta yang ditutup sementara selama musim kemarau panjang ini.

"Tiga wisata alam ialah objek wisata pendakian Gunung Parang, Gunung Bongkok, dan Gunung Lembu," katanya.

Menurut dia, surat imbauan yang dikeluarkan merujuk pada edaran Perum Perhutani. Melalui surat imbauan itu, Perhutani meminta wisata di tiga pendakian gunung untuk ditutup sementara waktu.

Adapun penutupan sementara wisata pendakian gunung ini sudah diberlakukan sejak 15 September hingga batas waktu yang belum ditentukan.

"Ini bagian dari upaya pencegahan terjadinya kebakaran lahan dan hutan. Jangan sampai, kebakaran yang melanda Gunung Bongkok di pertengahan Agustus lalu kembali terulang," katanya.

Pemkab Purwakarta menutup sementara objek wisata alam untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya kebakaran lahan dan hutan (karhutla).
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News