313,9 Hektar Lahan Hutan di Jabar Terbakar di Musim Kemarau

Sabtu, 09 September 2023 – 12:50 WIB
313,9 Hektar Lahan Hutan di Jabar Terbakar di Musim Kemarau - JPNN.com Jabar
Ilustrasi kebakaran. Foto: Kenny Kurnia Putra/JPNN.com

jabar.jpnn.com, KOTA BANDUNG - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Barat mencatat lebih dari 313 hektare lahan di area perhutanan mengalami kebakaran. Karhutla ini paling sering terjadi saat memasuki musim kemarau.

Kondisi karhutla ini berada di 46 kecamatan yang tersebar di 15 daerah di Jawa Barat.

Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik BPBD Jabar Hadi Rahmat menuturkan, data tersebut diambil dari awal tahun hingga 4 September 2023.

Dari seluruh lahan yang terbakar, Kabupaten Kuningan menjadi daerah dengan luasan lahan hutan yang paling banyak terbakar.

“Ada 165,2 hektare lahan karhutla di sana dengan cakupan dua kecamatan,” kata Hadi dalam keterangannya, dikutip Sabtu (8/9).

Sementara itu, kecamatan yang paling banyak terdampak karhutla ada di Kabupaten Majalengka dengan delapan area mencakup Kecamatan Cigasong, Jatiwangi, Majalengka, Sukahaji, Kasokandel, Kadipaten, Sumberjaya, dan Dawuan.

Total lahan yang terbakar di Kabupaten Majalengka ini mencapai 40,3 hektare.

Daerah lain yang luasan lahan karhutlanya cukup besar ada di Subang dengan 15,4 hektare, Karawang 27 hektare, Cirebon 25,4 hektare, serta Sumedang dan Bandung masing-masing 11 hektare.

BPBD Jawa Barat mencatat lebih dari 313 hektare lahan di area perhutanan mengalami kebakaran saat musim kemarau.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News