Pencemaran Sungai Cileungsi Kian Mengkhawatirkan, KP2C: Pemerintah Harus Tegas!

Senin, 11 September 2023 – 15:30 WIB
Pencemaran Sungai Cileungsi Kian Mengkhawatirkan, KP2C: Pemerintah Harus Tegas! - JPNN.com Jabar
Potret pencemaran Sungai Cileungsi. Foto: Dok KP2C

jabar.jpnn.com, KABUPATEN BOGOR - Memasuki pekan kedua September 2023 kondisi pencemaran air di Sungai Cileungsi semakin parah.

"Sejak Minggu siang hingga malam, air sungai Cileungsi makin hitam, bau dan banyak ikan yang mati," ucap Ketua Komunitas Peduli Sungai Cileungsi Cikeas (KP2C), Puarman, Senin (11/9).

Puarman yang meninjau langsung kondisi sungai Cileungsi mengaku sangat banyak masyarakat yang bermukim di sepanjang aliran sungai Cileungsi mengadukan kondisi sungai yang hitam, bau menyengat serta banyak ikan yang pada mati.

Mereka meminta pemerintah serius menangani pencemaran sungai Cileungsi yang sudah berlangsung bertahun-tahun seperti tidak ada perbaikan.

“Pencemaran Sungai Cileungsi  sudah berlangsung lama, bahkan lebih dari tujuh tahun,” ujarnya.

Pengawasan dan pembinaan yang dilakukan oleh pemerintah selama ini, ternyata tidak efektif karena pencemaran yang diduga dari limbah industri selalu terjadi dan berulang.

“Pemerintah harus menggunakan kewenangannya untuk melakukan penindakan yang lebih tegas. Tutup pabriknya dan pidanakan pelakunya, agar ada efek jera," tegas Puarman.

Masyarakat sudah terlalu lama menderita dan dirugikan.

Pencemaran air di Sungai Cileungsi kian mengkhawatirkan, airnya berwarna hitam pekat dan mengeluarkan bau busuk yang menyengat.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News