1.300 Personel Gabungan Dikerahkan Pemkab Bogor Dalam Operasi Zebra Lodaya 2023

Selasa, 05 September 2023 – 08:30 WIB
1.300 Personel Gabungan Dikerahkan Pemkab Bogor Dalam Operasi Zebra Lodaya 2023 - JPNN.com Jabar
Apel gelar pasukan Operasi Zebra 2023 di Mako Polres, Cibinong, Kabupaten Bogor. Foto: Dok Polres Bogor.

jabar.jpnn.com, KABUPATEN BOGOR - Sebanyak 1.300 orang personel gabungan dari TNI-Polri dan Pemerintah Kabupaten Bogor diturunkan dalam pelaksanaan Operasi Zebra Lodaya selama dua pekan mulai 4-17 September 2023.

"Untuk anggota satuan lalulintas (lantas) 180 orang yang terlibat, 1.300 orang itu seluruh jajaran personel gabungan," kata Komandan Kodim (Dandim) 0621/Kabupaten Bogor Letkol Kav Gan Gan Rusgandara.

Operasi Zebra, digelar serentak di seluruh wilayah hukum Polda Jawa Barat. Polda Jawa Barat mengerahkan sebanyak 2.004 personel untuk mengawal berlangsungnya Operasi Zebra 2023.

"Seluruhnya terlibat sebanyak 2.004 personel di jajaran Polda Jabar, belum termasuk dari Polres, Kodim, Dishub, dan Satpol PP masing-masing wilayah," ujarnya.

Menurut dia, Operasi Zebra merupakan upaya efektif dalam menurunkan angka kecelakaan hingga pelanggaran lalu lintas di setiap wilayah.

Khusus di daerahnya, kata dia, pelaksanaan Operasi Zebra 2023 dilakukan di tiga titik utama, serta beberapa titik lainnya ditentukan oleh Polsek dan Koramil se-Kabupaten Bogor.

Sementara, Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Bogor AKP Dicky Anggi Pranata menjelaskan sasaran dalam Operasi Zebra 2023 yaitu pelanggaran kasat mata seperti kendaraan melawan arus, pengendara tidak mengenakan helm, dan lain-lain.

"Seperti tidak memakai helm, melawan arus, yang membahayakan baik pengendara secara pribadi maupun orang lainnya, itu akan kami tindak," jelasnya.

Sebanyak 1.300 orang personel gabungan dari TNI-Polri dan Pemerintah Kabupaten Bogor diturunkan dalam pelaksanaan Operasi Zebra Lodaya 2023.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News