Parkir Liar Jadi Salah Satu Fokus Penindakan Operasi Zebra Lodaya 2023 Polres Tasikmalaya

Senin, 04 September 2023 – 19:00 WIB
Parkir Liar Jadi Salah Satu Fokus Penindakan Operasi Zebra Lodaya 2023 Polres Tasikmalaya - JPNN.com Jabar
Ilustrasi polisi di jalan raya. Foto: dokumen JPNN.Com

jabar.jpnn.com, TASIKMALAYA - Kepolisian Resor (Polres) Tasikmalaya menggelar Operasi Zebra Lodaya 2023 selama 14 hari mulai dari 4 hingga 17 September 2023, dengan sasaran berbagai jenis pelanggaran. Salah satunya parkir liar.

"Parkir sembarangan di jalan raya juga bisa diberikan tindakan tegas dalam operasi ini," kata Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasatlantas) Polres Tasikmalaya AKP Abdhi Hendriyatna di Tasikmalaya.

Menurutnya, Operasi Zebra Lodaya 2023 tidak hanya menurunkan seluruh jajaran Satuan Lalu Lintas Polres Tasikmalaya, tapi melibatkan petugas dari instansi lain seperti jajaran TNI.

Operasi tersebut, kata Abdhi dilakukan tidak hanya dilaksanakan diam di tempat, melainkan berpindah-pindah dan petugas dapat melakukan tindakan tegas apabila di jalan ada yang melanggar aturan lalu lintas.

Adapun jenis pelanggaran yang menjadi sasaran petugas di lapangan yang terlihat langsung seperti parkir kendaraan sembarangan, kemudian tidak memakai helm, mengendarai sepeda motor berboncengan lebih dari dua orang, dan mengangkut barang melebihi kapasitasnya.

"Sifatnya seperti hunting, jadi tidak hanya melakukan kegiatan stasioner tentunya, sasaran kita dapat ditemukan pelanggaran, di antaranya pelanggaran kasat mata seperti tidak menggunakan helm," katanya.

Ia menyampaikan seluruh jajarannya yang bertugas di lapangan agar memberikan tindakan tegas kepada pelanggar dengan memberikan surat tilang manual ataupun tilang elektronik.

Menurutnya, operasi tersebut dilakukan dalam rangka menjaga ketertiban, keamanan, dan keselamatan, terutama bisa mencegah terjadinya kecelakaan yang dapat menimbulkan korban jiwa.

Teruntuk warga Kota Tasikmalaya, polisi gelar Operasi Zebra Lodaya 2023 selama 14 hari. Ini sasaran prioritas pelanggaran lalu lintas yang akan ditindak.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News