Hamdalah, Produksi Beras di Cirebon Surplus Hingga Ribuan Ton

Senin, 04 September 2023 – 18:40 WIB
Hamdalah, Produksi Beras di Cirebon Surplus Hingga Ribuan Ton - JPNN.com Jabar
Ilustrasi beras. Foto: Humas Kementan

jabar.jpnn.com, CIREBON - Produksi beras pada masa panen selama Januari hingga Juli 2023 surplus 84 ribu ton, dengan angka produktivitas 62,92 kuintal per hektare di Kabupaten Cirebon.

"Luas panennya dari Januari-Juli 2023, kami sudah tercatat 57.264 hektare, dengan produksi gabah kering giling (GKP) mencapai 360 ribu ton atau setara dengan beras 230 ribu ton," kata Sub Koordinator Produksi Tanaman Pangan, Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Cirebon, Iwan Mulyawan di Cirebon dalam keterangannya, Senin (4/9).

Iwan menuturkan, angka tersebut diambil berdasarkan kebutuhan beras di Kabupaten Cirebon, yang diperkirakan sekitar 114 kg per kapita per tahun.

Dari perhitungan jumlah masyarakat di Cirebon mencapai 2,2 juta jiwa, maka setiap bulan dibutuhkan 20.900 ton beras.

"Kalau per bulan memakai asumsi kami, jumlah penduduk 2,2 juta jiwa itu kebutuhannya 20.900 ton per bulan," kata Iwan

Dia mengatakan, selama tujuh bulan terakhir kebutuhan beras yang diperlukan warga berada di angka 146 ribu ton.

Oleh karena itu, kata Iwan, apabila melihat hasil panen terakhir sudah menyentuh 230 ribu ton, artinya produksi beras di Kabupaten Cirebon surplus sebanyak 84 ribu ton.

"Kalau mulai dari Januari-Juli itu tujuh bulan, maka angkanya 146 ribu ton kebutuhannya. Sementara kami panen produksi sudah di angka 230 ribu ton. Berarti surplus berdasarkan data kita," kata Iwan.

Produksi beras pada masa panen selama Januari hingga Juli 2023 surplus 84 ribu ton, dengan angka produktivitas 62,92 kuintal per hektare di Kabupaten Cirebon.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News