KPU Cirebon Janji Jamin Hak Politik Pemilih Disabilitas Mental di Pilkada 2024

Senin, 14 Oktober 2024 – 16:00 WIB
KPU Cirebon Janji Jamin Hak Politik Pemilih Disabilitas Mental di Pilkada 2024 - JPNN.com Jabar
Ilustrasi Pilkada. Foto: Ricardo

jabar.jpnn.com, CIREBON - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Cirebon menegaskan komitmennya untuk mewujudkan pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024 secara inklusif, dengan menjamin pemilih disabilitas mental dapat menggunakan hak suara untuk memilih calon Bupati dan Wakil Bupati Cirebon.

“Hak suara dan hak politik bagi penyandang disabilitas mental dijamin oleh Undang-undang Nomor 8 Tahun 2016,” kata Koordinator Divisi Data dan Informasi KPU Kabupaten Cirebon, Khairil Ridwan.

Ia menjelaskan regulasi tersebut memberikan jaminan hak politik bagi penyandang disabilitas, termasuk kesempatan yang sama untuk berpartisipasi dalam pemilihan umum.

Di Kabupaten Cirebon, kata dia, tercatat ada 1.247 pemilih dengan disabilitas mental dari total daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak 1.744.235 jiwa.

Khairil menyebutkan jumlah pemilih disabilitas mental pada Pilkada 2024 mengalami penurunan dibandingkan pemilu sebelumnya, yang mencapai 0,33 persen dari total DPT.

Meski demikian, KPU Kabupaten Cirebon tetap memastikan hak politik dari pemilih penyandang disabilitas mental akan terfasilitasi dengan baik.

"Kami pastikan mereka (pemilih disabilitas mental) memiliki hak yang sama untuk berpartisipasi dalam pemilihan, sesuai aturan yang berlaku,” ujarnya.

Dia menuturkan dalam proses pencoblosan pada 27 November 2024, penyandang disabilitas mental akan mendapat pendampingan dari pihak keluarga atau individu yang sudah diberikan hak kuasa untuk mendampingi pemilih selama berada di tempat pemungutan suara (TPS).

KPU Kabupaten Cirebon menegaskan komitmennya untuk mewujudkan pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024 secara inklusif bagi pemilih disabilitas
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News