Ridwan Kamil Usul Mesin Pengolah Sampah RDF Harus Ada di Setiap Desa di Jabar

Rabu, 30 Agustus 2023 – 19:30 WIB
Ridwan Kamil Usul Mesin Pengolah Sampah RDF Harus Ada di Setiap Desa di Jabar - JPNN.com Jabar
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mendampingi Menko Marves melakukan kunjungan kerja meninjau Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu (TPST) Oxbow Cicukang, Kabupaten Bandung, Selasa (29/8/2023).(Foto: Biro Adpim Jabar)

jabar.jpnn.com, KOTA BANDUNG - Menteri Koordinator Bidang Kemandirian dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan meninjau lokasi tempat pengelolaan sampah yang ada di wilayah Kabupaten Bandung. 

Didampingi Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Luhut mengomentari pengolahan sampah yang ada di TPST Oxbow Mekar Rahayu.

Luhut menyampaikan pengelolaan sampah yang dilakukan di TPST Oxbow tersebut menarik perhatiannya karena hasil pengolahannya ramah lingkungan dan mampu mengolah sampah hingga 1 ton.

Kemudian, di sela-sela tinjauannya, Ridwan Kamil mengusulkan kepada Luhut Binsar Pandjaitan untuk membuat mesin teknologi Refuse Derived Fuel (RDF) di setiap desa/kelurahan yang ada di Jabar.

"Mesin (RDF) tadi (yang diusulkan) oleh Pak Gubernur Ridwan Kamil kita mau coba  per desa dan kelurahan satu, dan seterusnya," kata Luhut dikutip, Rabu (30/8).

Permasalahan sampah memang harus menjadi tanggung jawab bersama semua stakeholder.

Apalagi menurut Luhut, penanganan sampah di Indonesia bisa mencapai 50.000 ton per hari.

"Jadi sampah ini salah satu dari sekian banyak masalah, penanganan sampah di Indonesia mungkin bisa 50.000 ton per hari atau lebih," sebut Luhut.

Menko Marves Luhut meninjau tempat pengelolaan sampah terpadu yang ada di Kabupaten Bandung.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News