Ridwan Kamil Minta Warga di Sekitar TPA Sarimukti Mengungsi

Sabtu, 26 Agustus 2023 – 14:30 WIB
Ridwan Kamil Minta Warga di Sekitar TPA Sarimukti Mengungsi - JPNN.com Jabar
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Foto: Nur Fidhiah Shabrina/jpnn.com

jabar.jpnn.com, BANDUNG BARAT - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meminta kepada warga yang terdampak asap kebakaran TPA Sarimukti, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat agar segera mengungsi untuk sementara waktu.

Hal itu dilakukan, untuk mengantisipasi penyebaran penyakit lewat udara akibat asap api yang membakar gunungan sampah tersebut.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung Barat pun diminta sigap dalam melakukan penanganan.

Imbauan untuk mengungsi sendiri sudah sampaikan Ridwan Kamil beberapa hari lalu kepada Bupati Bandung Barat Hengky Kurniawan.

“Saya sudah mengimbau Pak Hengky untuk mengantisipasi apakah masyarakatnya mengungsi dulu atau memakai bantuan masker, lihat sesuai sikon di masyarakat dan tidak ada yang tidak terdampak, ini terdampak semua,” kata Ridwan Kamil, Sabtu (26/8).

Sementara itu, Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Jawa Barat Hadi Rahmat menuturkan, masyarakat yang terkena dampah kebakaran TPA Sarimukti masih bertahan di kediamannya masing-masing. Warga masih bertahan dan belum memutuskan untuk mengungsi.

“Sejauh ini masyarakat terdampak asap, namun belum ada pengungsian, untuk itu BPBD secara prefentif akan mencari lokasi yang tepat sekiranya memang perlu adanya evakuasi masyarakat terdampak,” ucap Hadi.

Sebelumnya, Kepala Bidang (Kabid) Kedaruratan dan BPBD Jabar Bambang Imanudin menuturkan, dampak kebulan asap dari peristiwa kebakaran TPA Sarimukti sudah sampai ke tiga desa di Kabupaten Bandung Barat.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengimbau kepada warga di sekitar TPA Sarimukti agar mengungsi, sebab api kebakaran di TPA tersebut masih juga belum padam.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News