Imbas Kebakaran TPA Sarimukti, DLH Jabar Minta Warga Cari Alternatif Pembuangan Sampah

Jumat, 25 Agustus 2023 – 14:30 WIB
Imbas Kebakaran TPA Sarimukti, DLH Jabar Minta Warga Cari Alternatif Pembuangan Sampah - JPNN.com Jabar
Kebakaran di TPA Sarimukti, Kecamatan Cidadap, Kabupaten Bandung Barat. Foto: sources for jpnn

jabar.jpnn.com, BANDUNG BARAT - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Jawa Barat meminta kepada masyarakat agar jangan dulu membuang sampah ke TPA Sarimukti yang terletak di Kecamatan Cidadap, Kabupaten Bandung Barat. Hal itu dikarenakan api yang masih belum padam sejak Sabtu (19/8) lalu.

Untuk sementara operasional pembuangan sampah di TPA Sarimukti pun ditutup.

“Memang sementara ini sedang berupaya ditahan dulu, supaya tidak dikirim ke sini. Solusinya berbagai macam, (seperti) mengaktifkan pengurangan di sumber, mencari lokasi lain alternatif pembuangan,” kata Kepala UPTD Pengelola Sampah TPA/TPST Regional Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Jawa Barat, Arief Perdana dikonfirmasi, Jumat (25/8).

Kata Arief, pemerintah sudah menggelar rapat dengan pemerintah daerah (pemda) lain di sekitar TPA Sarimukt ihwal solusi pembuangan sampah sementara TPA ditutup.

“Kami sudah rapatkan dengan Purwakarta, Subang, Garut, tetapi memang mereka juga terbatas. Ada yang baru kemarin terbakar, ada yang lahan sempit, ada yang lahan luas tapi potensi longsor ada juga yang terhalang jarak,” jelasnya.

Maka dari itu, pihaknya masih mencari alternatif pembuangan sampah sementara untuk wilayah Bandung Raya.

“Misalnya Purwakarta, kalau diukur bolak-balik bisa mencapai 250 km, itu akan sangat berat mengangkutnya dari Kota Bandung ke Purwakarta. Masih kami cari alternatif TPA-TPA lain. Mudah-mudahan bisa segera tertangani,” ungkapnya. (mcr27/jpnn)

DLH Jabar meminta masyarakat mencari alternatif tempat pembuangan sampah selama TPA Sarimukti masih ditutup karena terbakar.

Redaktur : Ridwan Abdul Malik
Reporter : Nur Fidhiah Sabrina

Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News