5 Tahun Jabar Juara, Ridwan Kamil Sukses Bawa Kemajuan untuk Desa

Sabtu, 19 Agustus 2023 – 08:10 WIB
5 Tahun Jabar Juara, Ridwan Kamil Sukses Bawa Kemajuan untuk Desa - JPNN.com Jabar
Kepala DPMD Jawa Barat, Dicky Saromi dalam acara Diskusi Gaspol bertajuk "Gerbang Desa untuk Jabar Juara, di Hotel Citarum Bandung.

jabar.jpnn.com, KOTA BANDUNG - Dinas Pemerbedayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Jawa Barat mencatat jumlah desa berkembang, maju, dan mandiri mengalami peningkatan signifikan selama 5 tahun kepemimpinan Ridwan Kamil.

Kepala DPMD Jawa Barat, Dicky Saromi mengatakan, pada tahun 2018 jumlah desa tertinggal di Jabar mencapai 929 dan desa sangat tertinggal berjumlah 48. Kemudian ada 37 desa mandiri dan 695 desa maju.

"Kemudian posyandunya itu masih ada posyandu yang paling rendah posyandu pratama, kemudian kita lihat posyandu pratama baru 39 persen. Badan usaha milik desanya pada tahun 2018 baru 3.695 atau 69,56 persen," ucap Dicky dalam acara Diskusi Gaspol bertajuk "Gerbang Desa untuk Jabar Juara, di Hotel Citarum Bandung, dikutip Sabtu (19/8).

Di sisi lain, digitalisasi desa juga tercatat masih rendah, pengelolaan desa wisata yang belum optimal, kesadaran hukum, hingga peningkatan kapasitas Bumdes.

"Bahwa dari tahun 2018-2019 keadaan itu jadi desa tertinggal dan sangat tertinggalnya masih ada, desa mandirinya baru 37 jadi tugas kami itu bagaimana mendorong 2020-2023 sebagai tahun terakhir pak gubernur mengakhiri masa jabatannya," tuturnya.

Dicky mengatakan, selama lima tahun ini seluruh kerja keras Ridwan Kamil dalam membangun desa membuahkan hasil yang luar biasa. Tercatat, di tahun 2023 sudah tidak ada desa tertinggal dan sangat tertinggal.

Selain itu, jumlah desa mandiri di Jawa Barat pun meningkat pesat bahkan melampaui target.

"Desa tertinggal dan sangat tertinggalnya sudah 0, desa mandirinya 1828 jauh dari target. Tadinya pak gubernur itu diberi target naik 500 dari 37 itu tapi ternyata perolehannya 1828 jadi kurang lebih 1300-an itu terjadi kenaikan dari desa desa dengan level strata tinggi," tuturnya.

Selama memimpin 5 tahun, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dinilai banyak membawa perubahan pada desa.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News