Jurus Ridwan Kamil Perkenalkan Musik Angklung ke Kancah Dunia

Sabtu, 12 Agustus 2023 – 18:31 WIB
Jurus Ridwan Kamil Perkenalkan Musik Angklung ke Kancah Dunia - JPNN.com Jabar
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Foto: Nur Fidhiah Shabrina/JPNN.com

jabar.jpnn.com, KOTA BANDUNG - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengaku bangga atas pencapaian Indonesia yang berhasil memecahkan rekor dunia baru lewat pergelaran angklung terbesar di dunia yang tercatat di Guinness World Records (GWR).

Pergelaran itu diinisiasi Ibu Negara Iriana Joko Widodo bersama jajaran Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM) dengan Ketua Umum Tri Tito Karnavian.

Angklung yang merupakan warisan seni budaya asal Jawa Barat ini, Ridwan Kamil berharap alat musik tradisional itu bisa semakin mendunia.

Pria yang karib disapa Emil itu menegaskan, warga Jabar harus menjaga agar angklung tetap menjadi warisan dunia tak benda, salah satunya dengan menggelar berbagai kegiatan memainkan alat angklung secara massal.

Adapun alat musik khas Sunda itu memang sudah ditetapkan sebagai warisan dunia tak benda oleh UNESCO pada 16 November 2010.

Ada empat syarat agar angklung tetap masuk kategori sebagai warisan budaya yang dinilai UNESCO. Keempat poin tersebut ialah terjaga, terpelihara, teregenerasikan dan terpromosikan secara luas baik lokal, nasional maupun internasional.

“Keempat poin itu merupakan syarat mutlak dari UNESCO jika angklung ingin tetap menjadi warisan budaya tak benda dunia,” ujarnya.

Ia mengakui memiliki tiga jurus agar alat musik angklung bisa mendunia.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil punya jurus khusus dalam memperkenalkan angklung ke kancah dunia. Begini katanya.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News