Pemkab Purwakarta Panen Ribuan Ton Padi Nutri Zinc untuk Atasi Stunting

Jumat, 11 Agustus 2023 – 13:00 WIB
Pemkab Purwakarta Panen Ribuan Ton Padi Nutri Zinc untuk Atasi Stunting - JPNN.com Jabar
Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika saat mengikuti kegiatan puncak panen padi di daerahnya. (ANTARA/HO-Pemkab Purwakarta)

jabar.jpnn.com, PURWAKARTA - Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Purwakarta berhasil memanen ribuan ton padi nutri zinc yang bisa bermanfaat mengatasi stunting.

Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Purwakarta, Sri Midan Jaya mengatakan areal sawah yang disiapkan untuk lahan padi nutri zinc sudah melalui observasi intensif.

Ia menyampaikan areal sawah yang dialokasikan untuk menanam padi nutri zinc di Purwakarta seluas 2.425 hektare, tersebar di 12 kecamatan di Purwakarta.

Areal terluas ada di Kecamatan Wanayasa seluas 800 hektare. Kemudian di Kecamatan Purwakarta seluas 300 hektare, Babakancikao (280 hektare), Jatiluhur (170 hektare), dan di Kecamatan Pondoksalam seluas 150 hektare.

Selanjutnya di Kecamatan Sukatani 140 hektare, Darangdan 130 hektare, Pasawahan 100 hektare, Bojong 100 hektare, Sukasari 100 hektare, Plered 80 hektare dan Kecamatan Bungursari seluas 75 hektare.

"Varietas padi yang ditanam di areal persawahan itu adalah varietas unggul jenis Inpari IR Nutri Zinc. Varietas itu memiliki kandungan unsur Zinc yang lebih tinggi dibandingkan varietas padi lain. Beras yang dihasilkan padi varietas ini sangat baik bagi penderita stunting," kata Sri Jaya Midan.

Sesuai dengan data Dinas Pangan Dan Pertanian Purwakarta, hingga saat ini, luas areal yang ditanami padi untuk menghasilkan beras nutri zinc mencapai 2.425 hektare.

Areal sawah yang telah disiapkan untuk menanam varietas unggul jenis Inpari IR Nutri Zinc tersebar di 12 kecamatan di seluruh Purwakarta.

Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Purwakarta berhasil memanen ribuan ton padi nutri zinc yang bisa bermanfaat mengatasi stunting.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News