4 Pasar Hewan Purwakarta Jadi Pusat Perdagangan Hewan di Jawa Barat

Jumat, 04 Agustus 2023 – 12:30 WIB
4 Pasar Hewan Purwakarta Jadi Pusat Perdagangan Hewan di Jawa Barat - JPNN.com Jabar
Ilustrasi - Hewan ternak sapi. Foto: Ricardo/jpnn.com

jabar.jpnn.com, PURWAKARTA - Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Purwakarta menyebutkan empat pasar hewan di daerah tersebut menjadi salah satu pusat perdagangan hewan ternak di wilayah Jawa Barat.

"Arus perdagangan di empat pasar hewan di Purwakarta sangat tinggi," kata Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Purwakarta, Siti Ida Hamidah.

Keempat pasar hewan itu ialah Pasar Hewan Ciwareng yang berlokasi di Kecamatan Babakancikao dan Pasar Hewan Citeko yang berlokasi di Kecamatan Plered.

Dua pasar hewan lainnya ialah Pasar Hewan Bojong yang berada di Kecamatan Bojong dan Pasar Hewan Wanayasa di Kecamatan Wanayasa.

Ia menyampaikan jumlah pedagang di empat pasar hewan itu mencapai 330 pedagang.

Dari jumlah itu, 130 pedagang beroperasi di Pasar Hewan Ternak Ciwareng. Sedangkan sisanya sebanyak 200 pedagang tersebar di ketiga pasar hewan lainnya.

Menurut dia, arus perdagangan di empat pasar hewan tersebut cukup tinggi. Dalam setahun, sedikitnya terdapat 68.400 ekor hewan ternak berbagai jenis, meliputi sapi, kerbau, domba dan kambing yang dijual-belikan di pasar itu.

Khusus untuk Pasar Ciwareng, hewan ternak yang diperdagangkan adalah sapi. Dalam setahun jumlah sapi yang diperdagangkan mencapai 7.200 ekor.

Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Purwakarta menyebutkan empat pasar hewan di daerah itu jadi salah satu pusat perdagangan hewan ternak di Jawa Barat.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News