Dinkes Depok Pantau Kesehatan Jemaah Haji Selama 2 Pekan Pascatiba di Tanah Air

Selasa, 01 Agustus 2023 – 22:00 WIB
Dinkes Depok Pantau Kesehatan Jemaah Haji Selama 2 Pekan Pascatiba di Tanah Air - JPNN.com Jabar
Kloter jemaah haji Indonesia. Ilustrasi Foto: Dok. JPNN.com

jabar.jpnn.com, DEPOK - Dinas Kesehatan (Dinkes) Depok lakukan pemantauan kesehatan ratusan jemaah haji yang secara bertahap telah kembali ke tanah air.

Kepala Dinkes Kota Depok, Mary Liziawati mengatakan pemantauan tersebut dilakukan selama 14 hari setelah jemaah haji tiba.

"Saat kepulangan sudah ada juga prosedur untuk terus dipantau selama dua pekan. Jadi, setelah kepulangan mereka harus melaporkan kondisi kesehatannya," ucapnya, Selasa (1/8).

Dirinya mengimbau agar para jemaah haji asal Depok untuk mengisi Kartu Kewaspadaan Kesehatan Jemaah Haji (K3JH), untuk memantau kondisi kesehatan mereka seusai kepulangannya dari Makkah.

"Ini merupakan upaya untuk terus memantau kesehatan jemaah haji, baik dari awal maupun pulang. Mitigasi ini sudah lama dijalankan dari tahun ke tahun, prosedurnya seperti ini," tuturnya.

Mary menyebut selama pelaksanaan ibadah haji, Dinkes Kota Depok juga telah melakukan serangkaian pemeriksaan kesehatan bagi jemaah haji.  

"Begitu jemaah dinyatakan dapat kuota berangkat, kami langsung lakukan pemeriksaan kesehatan d iawal di Puskesmas. Selama di tanah suci ada Petugas Kesehatan Haji Indonesia (PKHI) Kota Depok yang memantau di sana, baik perawat maupun dokter, dan setelah kembali ke tanah air, dipantau melalui pengisian K3JH," pungkasnya. (mcr19/jpnn)

Setelah tiba di tanah air, jemaah haji asal Kota Depok akan dilakukan pemantauan kesehatan selama 14 hari oleh Dinkes Depok.

Redaktur : Yogi Faisal
Reporter : Lutviatul Fauziah

Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News