5 Kriteria Ideal yang Harus Dimiliki Penjabat Wali Kota Bogor Pengganti Bima Arya

Selasa, 01 Agustus 2023 – 15:00 WIB
5 Kriteria Ideal yang Harus Dimiliki Penjabat Wali Kota Bogor Pengganti Bima Arya - JPNN.com Jabar
Ketua DPRD Kota Bogor, Atang Trisnanto. Foto: Dok Humpropub DPRD Kota Bogor.

jabar.jpnn.com, KOTA BOGOR - Kepemimpinan Bima Arya-Dedie A Rachim tinggal menyisakan lima bulan. Hal tersebut tentunya mengundang perhatian sejumlah pihak, khususnya tentang siapa sosok yang tepat yang akan menggantikan keduanya.

Ketua DPRD Kota Bogor, Atang Trisnanto menilai Penjabat Wali Kota Bogor harus memiliki pengalaman yang tinggi di pemerintahan agar mampu segera bekerja secara maksimal mengharmonisasi gerak langkah semua Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

"Mengingat penjabat ini nantinya akan memimpin Kota Bogor selama masa transisi hingga terpilih wali kota hasil pilkada, maka diperlukan sosok yang memiliki pengalaman yang tinggi di dunia pemerintahan," katanya, kepada JPNN.com dikutip Selasa (1/8).

Kedua, Penjabat Wali Kota Bogor harus memiliki banyak jaringan dan hubungan yang baik dengan pemerintah pusat (kementerian, lembaga negara, lembaga tinggi negara) maupun provinsi, sehingga akan mempermudah proses pengambilan keputusan maupun akses program.

"Ketiga, sosok yang dapat merajut kolaborasi dan sinergi dengan berbagai pihak di Kota Bogor, seperti mampu berkoordinasi dan komunikasi dengan baik bersama TNI, Polri, Kejaksaan, PN, DPRD dan tokoh masyarakat," ujarnya.

Keempat, sambung Atang, sosok Penjabat Wali Kota Bogor haruslah sosok yang baik dengan kepribadian serta rekam jejak yang baik.

"Terakhir, sosok yang netral, independen dan tidak memihak serta tidak menjadi bagian dari kepentingan politik praktis. Karena nantinya Penjabat Wali Kota Bogor akan mengawal proses demokrasi, baik pileg, pilpres, maupun pilkada," ucapnya.

Dirinya berharap semoga kelima kriteria tersebut ada pada semua calon rekomendasi yang bakal diajukan DPRD Kota Bogor kepada pemerintah pusat.

Ketua DPRD Kota Bogor, Atang Trisnanto beberkan lima kriteria ideal yang harus dimiliki Penjabat Wali Kota Bogor pengganti Bima Arya.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News