Penjelasan Polisi Soal Viral Video Ritual Keagamaan Syiah di Bandung

Senin, 31 Juli 2023 – 17:36 WIB
Penjelasan Polisi Soal Viral Video Ritual Keagamaan Syiah di Bandung - JPNN.com Jabar
Ilustrasi garis polisi. Foto: dok.JPNN.com

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Jagat media sosial dihebohkan dengan video ritual keagamaan syiah di sebuah masjid yang terletak di kawasan Gegerkalong, Kota Bandung.

Dalam video yang dilihat JPNN, warga tampak berkumpul di depan masjid yang dimaksud. Ritual syiah pun digambarkan seperti sekelompok orang yang sedang menari-nari.

Dikonfirmasi, Kapolsek Sukasari Kompol Darmawan mengatakan, pokok permasalahan itu karena ada perbedaan pemahaman tentang nilai praktik keagamaan setempat.

Darmawan menjelaskan, kegiatan yang sedang dilakukan di dalam masjid itu ialah ritual yang dilakukan kelompok kebudayaan untuk memperingati bulan Asyura.

“Ini kegiatan terkait masalah Asyura, yang dilakukan Kabuyutan pimpinan Abah Yusuf,” kata Darmawan dihubungi, Senin (31/7).

Menurut Darmawan, kegiatan ritual keagamaan seperti itu sudah sering dilakukan padepokan tersebut.

“Sebenarnya acara kegiatan Kabuyutan itu tidak ada masalah, mereka dilakukan di padepokan, cuma yang jadi masalah mereka melakukan kebudayaan di masjid,” tuturnya.

Namun, di malam itu ada kelompok yang tidak sependapat dengan ritual yang sedang dijalani.

Viral video di media sosial ihwal ritual keagamaan syiah yang terjadi di wilayah Gegerkalong, Kota Bandung.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News