Suhu Dingin Bandung Mencapai 15 Derajat Celsius, Begini Penjelasan BMKG

Rabu, 19 Juli 2023 – 12:30 WIB
Suhu Dingin Bandung Mencapai 15 Derajat Celsius, Begini Penjelasan BMKG - JPNN.com Jabar
Ilustrasi cuaca Foto: Ricardo/JPNN.com

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Suhu di Kota Bandung dan sekitarnya pada pagi hari terasa lebih dingin dari biasanya.

Merepons hal tersebut, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat, suhu cuaca khususnya di Kota Bandung dan Kabupaten Bandung Barat (KBB) bisa menyentuh angka 15 derakat celsius.

Suhu cuaca pagi hari rata-rata di Bandung sekitar 17 hingga 20 derajat celsius, sementara di Lembang bisa mencapai 15 derajat celsius.

Kepala BMKG Bandung Teguh Rahayu mengatakan, suhu dingin ekstrem memang cenderung berpeluang terjadi saat musim kemarau, yakni pada malam hari.

Saat musim kemarau, di siang hari terik sinar Matahari maksimal karena tidak ada tutupan awan, akibatnya permukaan bumi menerima radoasi yang maksimal.

Sementara, pada malam hari bumi akan melepaskan energi. Karena, tidak ada awan, maka di malam hingag dini hari, radiasi yang disimpan di permukaan bumi akan secara maksimal dilepaskan.

“Kondisi inilah yang kemudian menyebabkan permukaan bumi mendingin dengan cepat, karena kehilangan energi secara maksimal. Dampaknya adalah suhu minimum atau udara dingin yang ekstrem di malam hingga dini hari,” kata Teguh, Rabu (19/7).

Adapun di wilayah Bandung Raya, puncak musim kemarau terjadi pada Juli – Agustus 2023.

Penjelasan BMKG soal suhu cuaca Bandung di pagi hari yang cenderung lebih dingin dari biasanya. Warga diminta untuk tidak panik.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News